December 31, 2015

#2015bestnine

Ada apa di tahun 2015? Ada banyak hal yang seru! #2015bestnine versi instagram terlalu mainstream karena dinilai berdasarkan likers photo terbanyak. Nggak adil! Hha akhirnya Asya buat #2015bestnine versi Asya. FYI, sudah lama banget gak ngeblog (satu tahun lebih ternyata!). Malam menyambut tahun baru ini, Asya dedikasikan untuk menulis di blog. Ada banyak hal yang telah dilalui untuk diingat dan disyukuri yang selanjutnya dijadikan motivasi untuk melompat lebih tinggi lagi. Yuk, semangat!

Pertama, Job pertama di tahun 2015 adalah menjadi Duta Promosi IPB. Singkat cerita, teman Asya – Hamzah, mengajak untuk mendaftarkan diri menjadi Duta Promosi mewakili FPIK. Asya coba daftar dan ternyata keterima! :D Tugas Asya sebagai Duta Promosi yaitu membantu Humas IPB untuk mempromosikan Kampus IPB ke adik-adik SMA. Pada promosi kali ini Asya ditugaskan untuk mempromosikan IPB di Pangandaran bersama Pak Taryono MSP FPIK.
IPB Goes to Pangandaran
Kedua, ditengah mengerjakan tugas sebagai Duta Promosi untuk mempromosikan IPB, Asya diberitahu oleh Farah bahwa Asya dipilih untuk mengikuti ajang mahasiswa berprestasi di tingkat Fakultas mewakili Departemen Teknologi Hasil Perairan. Setelah sampai di Bogor, Asya segera melengkapi administrasi yang dibutuhkan dan memperbaiki karya tulis dibawah bimbingan Ibu Wini dan Pak Bambang. Asya mendapatkan banyak pelajaran berharga tentang proses menjadi mahasiswa berprestasi. Dulu pernah mempunyai cita ingin menjadi Mapres FPIK (tapi mimpi itu sempat redup karena melihat kakak-kakak mapres THP sebelumnya yang memiliki IPK sempurna). Tapi mahasiswa berprestasi itu tidak hanya tentang IPK! Dan mimpi itu pun terealisasi :" meski ternyata meleset sedikit menjadi Runner Up nya. Alhamdulillah Asya diberi kesempatan untuk sampai tahap ini. Dan untuk kamu-kamu yang punya mimpi harus bermimpi setinggi-tingginya ya! Karena jika meleset pasti gak akan jauh dari puncaknya. Semangat!
Kyaaa :"
Ketiga, program SUIJI-SLP jilid dua diselenggarakan di Indonesia selama dua minggu. Karena SUIJI-SLP (bisa dibilang) Asya agak terlambat melakukan penelitian dibandingkan teman-teman lainnya. Pada SUIJI-SLP jilid dua ini Asya mendapatkan pengalaman yang seru! Ditempatkan di Desa Tuwel, Tegal bersama dua mahasiswa Indonesia newbie di SUIJI-SLP dan tiga mahasiswa Jepang (alhasil di-ketua-kan); Asya berusaha menjadi senpai yang baik (karena ayah dan ibu terlalu mainstream) untuk mereka dalam mengurus kebutuhan rumah tangga dan menyelesaikan projek sosial dibawah bimbingan Abichan; melakukan persiapan presentasi dan menjadi presentator mewakili Tim Tegal dalam International Seminar SUIJI-SLP. Semua itu pengalaman baru untuk Asya dan membuat dag-dig-dug banget.
Aktvitas di Bank Sampah
Sosialisasi pemilahan sampah di SMAN 1 Bojong, Tegal
Final presentation SUIJI SLP
Keempat, pertama dan terakhir kalinya ikut Temu Nasional Beasiswa Aktivis Nusantara (Bakti Nusa). Dan pertama kalinya menginjakkan kaki di tanah Palembang. Seru banget bertemu dengan aktivis pembelajar dari berbagai bidang dan universitas terbaik di Indonesia dan having fun bareng full team Bakti Nusa Angkatan 4 dan 5 juga Manajer Bakti Nusa IPB. Lalu mendapatkan banyak ilmu dari pembicara-pembicara keren! Dan di Temu Nasional (pertama dan terakhir) pun Asya mendapatkan kesempatan masuk nominasi Tiga Besar Aktivis Terbaik 2015 versi Bakti Nusa. 
Kolase Temu Nasional Bakti Nusa
Kelima, tahun keempat di kampus adalah tahunnya penelitian (dan segera lulus). Berdasarkan cita yang akan diraih di masa depan sana #tsah, Asya nekat memilih topik DNA sebagai bahan penelitian dibawah bimbingan Ibu Mala dan Pak Agoes. Alhamdulillah sampai tulisan ini dibuat Asya telah melaksanakan seminar hasil penelitian (terima kasih untuk kamu-kamu yang sudah datang :”) dan dalam perjalanan menuju sidang, mohon doanya :” Penelitian ini pun membawa Asya mendapatkan banyak kesempatan yang luar biasa yaitu menjadi finalis Pekan Ilmiah Mahasiswa ke XXVIII, presentasi di The 2nd International Symposium on Aquatic Products Processing and Health and Exhibition (ISAPPROSH), short exchange ke Universitas Tohoku, Jepang dan menjadi finalis 20 besar Tanoto Research Award (on progress). Foto lainnya nyusul yak :3
Asya SEMINAR!
Keenam, 13-15 September 2015 tetiba mesti ke Semarang (dan meninggalkan HBH Forces) untuk presentasi hasil penelitian di The 2nd International Symposium on Aquatic Products Processing and Health and Exhibition (ISAPPROSH), Universitas Diponegoro. Perjalanan singkat yang seru banget! Terima kasih Mada, Hasan dan Lusi atas kebaikan hati kalian menampung Asya :” dan Deny partner in crime selama perjalanan ke Semarang :D
Delegasi THP FPIK IPB bersama Prof. Sottawat Benjakul (Prince of Songkla University, Thailand)
dan Prof. Irwandi Jaswir (In-Hart-International of Islamic University, Malaysia)
di Masjid Agung Semarang, Jawa Tengah
Ketujuh, 8 agustus 2015 pengumuman PIMNAS XXVIII (http://dikti2.dikti.netdna-cdn.com/wp-content/data/data/2015/08/daftar-Peserta-PIMNAS-ke-28.pdf). Semangat lihat nama tim yang akan bertanding di Universitas Halu Oleo, Kendari. Lalu tetiba kaget lihat nama Asya Fathya Nur Zakiah menjadi salah satunya. Seiring karantina setiap Sabtu-Minggu (latihan membuat artikel ilmiah, power point, presentasi, dan simulasi PIMNAS) sampai 27 September 2015 akhirnya bisa menerima kenyataan, banyak belajar, dan berusaha memberikan yang terbaik meski saat ini belum bisa membawa piala untuk almamater tercinta. Semoga ada kesempatan lainnya dengan sesuatu yang lebih wah, tunggu ya!
Kontingen Institut Pertanian Bogor 2015
TIM PKM-P Albumin
Kedelapan, Alhamdulillah tahun ini bisa ke Jepang untuk ketiga kalinya dengan program yang berbeda dari sebelumnya yaitu Short Term Invitation Pogram of Graduate School of Agricultural Science and Faculty of Agriculture, Tohoku University. Dan pertama kalinya dianterin sama keluarga (Mamah dan Diva) ke Bandara #yeay! Riset lebih dalam tentang penelitian Asya selama dua minggu dan dapat bonus stay di apato Kak Siti (terima kasih kak udah nampung Asya :"), bertemu Dewi (yang sekarang sudah jadi isteri orang kyaa selamat!), Jun (penolong Asya di lab), Suji (kenal karena program SUIJI-SLP dan bertemu di Jepang lagi), Mba Tika (satu almamater tapi pertama kali bertemunya di Jepang); ikut Agricultural Excursion; dan keliling Tokyo (di guide oleh Deny) hingga menjejakkan kaki di Todai! :"
Members of Marine Biochemistry Laboratory
Todai, waiting for you!
Odaiba, I'm in love
Last but not least, quality time with family! Alhamdulillah bisa mengawali, menengahi dan mengakhiri tahun ini dengan menikmati waktu yang ada bersama keluarga. Meski (bisa dibilang) jarang pulang ke rumah tapi sekalinya pulang puas-puasin diri stay di rumah #yeah. Dan kesampean juga trip bareng ke Pangandaran full team di awal tahun, mudik ke rumah nenek, ke Pulau Harapan bersama SG, ke Taman Bunga Nusantara bersama BPH kupu-kupu dan juga quality time bersama keluarga baru dalam beberapa kegiatan yang lovable banget #eh.
Diva-Papah-Mamah-Asya
SG goes to Harapan Island
BPH Kupu-kupu!
Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? Alhamdulillah terima kasih untuk 2015 yang luar biasa! :" Yuk semangat menyambut hari baru, bulan baru, dan tahun baru. Semangat merealisasikan target dan mimpi lain yang didepan mata. Semangat menyambut MEA 2016!

8 comments:

  1. salut deh.... (y) salam dari kendari yaaa

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Alhamdulillah ya hhee senang juga bisa piknik bareng kalian :" Tahun ini belum kesampean nih hmm

      Delete
  3. Ternyata beneran Asya yang teteh kenal, hehe. Seneng deh baca bagian ini. Semangat nulis sya, smgt terus jd muslimah berprestasi ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh ernaaa ❤ Hhaa maafin baru dibalas, tulisannya kebanyakan masih di draft hmm in syaa Allah asya segera selesaikan hhe aamiiin, in syaa Allah teh :')

      Delete