December 24, 2012

Goes to Palabuhanratu


Fieldtrip Pengetahuan Bahan Baku Industri Teknologi Hasil Perairan ke Palabuhanratu, Sukabumi. Fieldtrip ini dilaksanakan pada tanggal 10 November 2012. Praktikan berangkat dari Bogor pukul 01.00 WIB setelah sebelumnya menunggu selama tiga jam di ATM Center --' Selama menunggu itu praktikan bisa makan mie rebus dan brown-co dulu, oke skip, ga penting --' Setelah menempuh perjalanan selama tiga jam lebih, rombongan fieldtrip melakukan sholat subuh di Masjid Agung Palabuhanratu dan dilanjutkan dengan acara makan pagi. Setelah semua persiapan pribadi dilakukan termasuk mengisi pencernaan dengan asupan gizi yang disediakan seksi konsumsi, praktikan pun siap turun ke lapangan, yeah!

Minggu Tenang

Minggu tegang eh minggu tenang. IPB baik banget kasih waktu dua minggu untuk menikmati liburan dengan tegang. Sebenarnya bukan liburan yang benar-benar liburan tetapi jeda beberapa hari yang sebaiknya digunakan untuk belajar dan review apa yang telah dipelajari dengan sebenar-benarnya. 

H-8 hari ujian untuk Mikrobiologi Dasar, Avertebrata Air, Teknologi Pengolahan Hasil Perairan, Biokimia Umum, Perencanaan Bisnis, Dasar-dasar Teknologi Hasil Perairan, Pengetahuan Bahan Baku Industri Hasil Perairan, dan Metode Karya Ilmiah.

Dan, sebenarnya ujian yang terjadwal dilaksanakan mulai tanggal 7 Januari 2013 tapi entah kenapa ujian praktikum Avertebrata Air ingin mengawali semua ujian, lebih awal banget malah, 2 Januari 2013! --'
Mari belajar pada Hajar bahwa kerja keras itu adalah menunjukan kesungguhan kita kepada Allah. Mari bekerja keras seperti Hajar dengan gigih dan yakin. Bahwa Dia tak pernah menyia-nyiakan iman dan amal kita. Lalu biarkan keajaiban itu datang dari jalan yang tak kita sangka atas iradahNya yang Maha Kuasa. Dan biarkan keajaiban itu menenangkan hati ini dari arah manapun Dia kehendaki. Salim A. Fillah - Dalam Dekapan Ukhuwah
Semoga delapan hari ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya.

YUK BELAJAR! :)

December 22, 2012

Pilihan Kedua

Setelah penantian yang cukup panjang, akhirnya pemberitahuan itupun datang. 

<+628569516xxxx>
Assalammu'alaikum. Selamat pagi dan semangat pagi sahabat pengarung samudera. Selamat bergabung bersama Kabinet BEM FPIK periode 2012/2013 :) Pengumuman selengkapnya bisa dilihat di depan sekret BEM FPIK dan mading. Terima kasih. Siapkan dirimu untuk menjadi pengukir sejarah kemajuan FPIK!
11:24, 22 Dec

Dan beberapa jam kemudian ada pesan singkat masuk dari seorang teman.

<+628787506xxxx>
Asya kita satu dept loh di BEM :D
11:56, 22 Dec 

Pelantikan Forces

Lupa tepatnya jam berapa tapi senja itu dapat jarkoman kalo Forces 10 akan dilantik, seriusan dilantik, dan ga katanya lagi.


Cerita ini bermula dari tanggal 11 November, Forces 10 akan dilantik menjadi anggota Forces.   Bela-belain ga ikut ngedekorasi untuk Kaleidoskop, bela-belain ga ikut makan hasil masakan sendiri dan Nabiela bareng Madaniers, dan bela-belain ga ikut menikmati kebersamaan di proker terakhir Madani. Terkadang segala sesuatunya memang harus ada pengorbanan. Ya, akhirnya Asya langsung caw ke Koridor Fateta untuk pelantikan Forces. Saat itu kami dibagi beberapa regu dan takdir, bahasanya ya --' mempertemukan kelompok kami dengan Kak Teky, Essy, dan Budi. Disana Kak Teky menjelaskan tentang Forces, kesederhanaan Forces, komitmen, arti memberi dan kontribusi. Sebenarnya ga jauh beda ketika kamu berkecimpung di Badan Eksekutif Mahasiswa karena sebuah organisasi tidak akan jalan apabila tidak mengandung komitmen dan kontribusi. Dan akhirnya pelantikan itu dipending dulu untuk sementara setelah BPH ingin lihat bukti nyata kami bahwa kami pantas masuk Forces. Ada 3 (tiga) syarat yang diajukan, kompetisi PKM-GT, berkontribusi di PIMPI (disini Asya cuma bantu jual tiket doang karena di hari H PIMPI nya ada MPD, maaf yaa hmm), dan beresin sekret. Jujur, baru dua hal yang baru Asya lakukan karena tentang kegiatan yang terakhir itu agak gimana gitu karena Asya belum mengenal sekretnya dan apa yang dibutuhkan, ya kalo diberesin takutnya malah mencar-mencar, oke mungkin ini sebuah alibi --'

Maaf dan Selamat Hari Ibu :')

22 Desember untuk Ibunda Tercinta

22 Desember
Banyak sekali kesal yang kubuat hari ini
hingga engkau harus terus mengelus dada
Banyak sekali kekecewaan yang kubuat hari ini
hingga engkau, mungkin, harus membuat senyum palsu untuk menutupi rasa itu
Banyak sekali sedih yang kubuat hari ini
hingga rasanya hari ini bukan hari tentangmu

Entah kenapa hari ini rasanya memang agak berantakan 
Dan hari tentangmu mungkin sedikit banyak aku kacaukan

Selamat hari ibu, ibunda tercinta
Maaf tak ada bunga mawar putih dan merah seperti 3 tahun lalu
Maaf tak ada kue coklat seperti 2 tahun lalu
Maaf tak ada rangkaian kata indah yang aku kirimkan seperti 1 tahun lalu
Maaf tak ada itu semua seperti hari ini
Dan maaf belum ada apa-apa yang bisa membuatmu bangga memiliki anak seperti ini

Mungkin 22 Desember adalah Hari Ibu
Dan aku tak tahu siapa yang menetapkannya pada hari ini
Tapi yang pasti dan sangat pasti bahwa setiap harinya adalah harimu, mah
Bukan hanya di tanggal 22
Dan, bukan hanya di bulan Desember

Aku akan berusaha menjadi seperti yang engkau pinta
Aku akan berusaha menjadi kebanggaanmu
Aku akan berusaha membuat hari-hari lainnya adalah hari tentangmu
Selamat hari ibu, ibunda tercinta
Maaf
:')

December 14, 2012

Teri-Pang

Inginnya senyum terus aja. Bukannya tanpa sebab lalu dianggap gila tapi rasanya senang syekali hari ini, alhamdulillah :)

Berawal dari dua minggu lalu bersama Aisyah, Lina, Idan, dan Ardista membuat produk pertama kami yaitu Teri-Pang. Teri-Pang ini sejenis camilan berupa pangsit dengan bahan baku ikan teru yang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, sedikit promosi gak apa-apa yak :D

Ide pembuatan Teri-Pang ini bermula dari tugas responsi Dastek yang mengharuskan per kelompoknya membuat produk lalu dipresentasikan di depan teman-teman kelas THP. Tugas ini diberikan dari sesi UTS kemarin cuma kelompok kami dapat kesempatan presentasi hari ini xD

Ya, rasanya senang sekali membuat produk yang memang seperti produk #apacoba --' Meski memang terlihat hitam, meski memang gak menarik, meski memang agak keasinan, meski memang satu bungkusnya sedikit tapi nyatanya teman-teman THP mau lagi cobaaaaaaa xD

Semoga bisa memperbaiki kekurangannya dan meningkatkan kelezatannya
di lain waktu ketika PKM-K nya didanai
dan semoga ada waktu kosong untuk pembuatannya, aamiiin :)

Presentasinya dapat dilihat disini

Generasi Baru PSDM

Rasanya baru beberapa hari lalu berbagi kenangan indah di PSDM dari kakak 47 ke 48, namun nyatanya sudah setahun lamanya, dan giliran kami yang kan bercerita tentang indahnya cinta di PSDM 48 kepada generasi baru PSDM 49 :)

Lupa tepatnya kapan tapi kalo ga salah 2 minggu lalu dapat jarkoman sms untuk datang kumpul Forces 10 di Kortan dengan agenda membicarakan amanah. Nah, di waktu dan tempat yang sama ada gathering pertama BEM TPB 49. Ah, mereka sudah besar ternyata dan memang saatnya para generasi pembaharu menggantikan generasi pendahulu.

Teringat menjadi evaluator di Magenta dan rindu masa itu.

Beberapa hari lalu, setelah mencari informasi dan kepo sana-sini, akhirnya tahu juga siapa generasi baru PSDM. Bendahara departemen yang memang sudah kenalan di Magenta, Ulvia mantan sekretaris umum 1 Magenta, sms dan tanya tentang nasi uduk. Awalnya ga ngeh dan memang ga sadar buat apa dan eh taunya untuk acara hari ini. Temu PSDM 49 dengan PSDM 48 :D

December 12, 2012

Kosong

Kosong. Mungkin sudah terlalu jauh jalan ini ditempuh, tanpa tujuan dan tanpa makna. Menimbulkan ketidakjelasan. Kosong. Mungkin alunan nada yang membawa suasana, kelam. Hingga lupa mensyukuri artinya bahagia. Memunculkan kenangan lalu yang sebaiknya dikubur dalam-dalam. Kosong. Mungkin jiwa ini telah menjauh, menjauh pada Sang Pencipta. Rindu dan haus akan-NYA pun membuncah namun malu. Kosong. Mungkin terlalu banyak kata yang memabukan hingga terkadang majas metafora pun terangkai. 
Tak beraturan, tak terstruktur, tak terencana. Dan rasanya semua berantakan dan tanpa makna. Mungkin roda memang sedang dibawah. Yang harus dilakukan adalah bergerak dan memutar kembali rodanya. Lalu mengisi kekosongan yang ada. Kembali kepada-NYA dan mengisi waktu dalam penantian kepulangan. Aku rindu.
Ah, melankolis pun kembali datang ~

December 4, 2012

Fix Ikut!

FIX IKUT!
Ya, setelah sempat menggalau-ria tentang ikut atau enggak akhirnya Asya memutuskan untuk bergabung dengan BEM FPIK IPB. Siang itu, ketika tiba-tiba dipanggil oleh seorang teman dan ditawarkan bergabung memajukan FPIK, serius, bingung banget. Pikiran untuk bergabung atau enggak memang sudah sejak lama menghantui di pikiran ini. Awalnya Asya ingin sekali ikut Himpro, HIMASILKAN, tapi mungkin dipending dulu saja untuk sementara. Dan, Asya pun sudah masuk FORCES, salah satu UKM kece yang memang benar kece loh, serius.

Ada beberapa alasan yang menyetujui akal ini tidak ikut serta dalam eksekutor kegiatan FPIK. Pertama, apakah Asya masih bisa membagi waktu antara tujuan utama kuliah di IPB, Forces, dan target yang harus dicapai semester ini? Kedua, intinya sih sudah mencakup pada hal pertama yang dikemukakan --' Oke intinya memang ketiga hal tadi yang berujung pada manage waktu. Setelah tanya saran sana-sini dan saran yang diberikan pun lebih kepada: "Terserah kamu sya, kalo kamu bisa bagi waktu ya gabung aja

December 2, 2012

PBB #2

KARAKTERISASI SURIMI IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Asya Fathya Nur Zakiah (C34110030)
Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 
Institut Pertanian Bogor

Tanggal: 26 September 2012

ABSTRAK
Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan jenis ikan konsumsi air tawar. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan yang potensial untuk dikembangkan dan sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Praktikum ini bertujuan untuk mempelajari karakteristik dan surimi dari ikan nila (Oreochromis niloticus) yang meliputi ukuran, rendemen, dan karakterisasi surimi yang dihasilkan. Praktikum ini terdapat empat karakteristik ikan dan surimi dari ikan nila, yaitu morfometrik, rendemen, dan pembuatan surimi. Karakteristik morfometrik diperoleh berat total, panjang total, dan panjang baku masing-masing sebesar (124,14 ± 29,23) g, (19,33 ± 2,40) cm, dan (15,45 ± 1,34) cm. Rendemen yang meliputi daging sebesar 28,27 %, surimi sebesar 20,87%, berat fillet skinless 772 g, berat daging pencucian pertama 590 g, berat daging pencucian kedua 570 g, dan bobot total ikan 2731 g. 

Kata kunci: Ikan nila (Oreochromis niloticus), morfometrik, rendemen, surimi.

Laporan Praktikum Karakterisasi Surimi Ikan Nila dapat di download disini

PBB #1


PENILAIAN TINGKAT KESEGARAN IKAN MAS (Cyprinus carpio)
SECARA ORGANOLEPTIK (UJI SENSORI)

Asya Fathya Nur Zakiah (C34110030)
Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 
Institut Pertanian Bogor

Tanggal: 12 September 2012

ABSTRAK
Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik yang hidup bernafas dengan insang. Ikan merupakan sumber protein hewani yang potensial untuk dikonsumsi.Ikan mas (Cyprinus carpio) merupakan ikan air tawar yang bernilai ekonomis dan tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Ikan mas yang terdapat di Indonesia merupakan merupakan ikan mas yang dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan, dan Jepang. Ikan mas memiliki prospek yang cerah dalam bidang usaha perikanan. Ikan yang masih dalam keadaan segar yang mengandung protein lengkap sangat disarankan untuk dikonsumsi. Ikan segar adalah ikan yang mempunyai sifat sama seperti ikan hidup, baik rupa, bau, rasa, maupun teksturnya. Praktikum ini bertujuan untuk menentukan tingkat kesegaran ikan, mengetahui rendemen, dan morfometrik ikan mas. Metode yang digunakan untuk menentukan tingkat kesegaran ikan mas adalah metode uji sensori atau organoleptik dengan menggunakan scoresheet SNI 01-2729.1-2006. Hasil morfometrik ikan mas didapat bobot utuh 180 gram, panjang total 22,3 cm, panjang baku 18,3 cm, tinggi 6,6 cm, dan lebar ikan mas sebesar 4,5 cm. Hasil rendemen yang ditunjukkan ikan mas yakni 27,2%, rendeman tulang, kepala, dan ekor sebesar 35%, serta rendeman kulit dan jeroan sebesar 37,7%. Laju kemunduran ikan yang disiangi lebih lama dibandingkan dengan laju kemunduran ikan yang tidak disiangi.

Kata kunci: Ikan mas (Cyprinus carpio), organoleptik, rendemen, morfometrik

Laporan Praktikum Penilaiaian Tingkat Kesegaran Ikan Mas Secara Organoleptik dapat di download disini

November 26, 2012

Ga to the Lau

"Sya, kenapa sih suka sibuk banget?"
"Gapapa, asik aja, soalnya bisa ketemu banyak orang, becanda, saling berbagi cerita, belajar-mempelajari, dan ga buat galau, eh."

Tapi akhir-akhir ini entah kenapa slalu berakhir di ujung sana.
Antara rela dan ga rela. Antara yakin dan ga yakin. Antara dikhianati dan dipercaya. Dan antara lain yang menyebabkan galau itu kembali mencuat. Mungkin kedengarannya galau ini negatif karena sering kali efek samping dari galau itu membuat penderita yang menderita karenanya sering melamun, melakukan hal aneh, ga fokus, random dan sebagainya yang mungkin teman-teman pun lebih mengetahuinya karena mungkin sering melakukan hal itu, mungkin. Tapi, disini dan untuk kedepannya Asya akan coba merubah sisi galau itu menjadi positif. Kalo kata Bu Nurjannah, jangan sekedar berangan tapi harus diubah menjadi suatu target yang harus dicapai. Yuk, buka pikiran, buka hati, buat target, siap membuktikannya! Luruskan niat, kembali belajar dan belajar (lagi), nda boleh ngeluh, dan nda boleh kecewa :)
SEMANGAT! :D

Kalo takdirnya seperti apa yang Asya harapkan, aamiiin, pasti ga kan kemana. Kalo enggak, mungkin Allah punya jalan lain yang lebih indah. Keep optimistic and try to be the best! :')

ps: ingin posting tentang Kabinet Madani series, demisioner BEM TPB, pelantikan Forces, fieldtrip PBB, outbond Sensori, dan banyak lagi. Tunggu postingan selanjutnya :D

November 20, 2012

Pertemuan dan Perpisahan

Dimana ada pertemuan pasti ada perpisahan
Dan terkadang indah yang kita rasakan datang di ujung jalan
Sesal pun terucap: 'Mengapa rasa ini tak datang di awal saja?"
atau pertemuan ini perpanjang saja hingga tak ada batas waktu
Mungkin kita akan merasakan kebersamaan lebih banyak
Mungkin kita akan membuat ingatan yang slalu dikenang
Mungkin kita akan menoreh sejarah lebih dalam
Mungkin kita akan menyambut cita tak terhingga
Mungkin kita akan menggapai tingginya asa
Tapi apalah sebuah penyesalan yang datang di akhir
Pun tak akan merubah apa yang tlah terjadi
Hanya syukur yang terselip diantara keduanya
Pertemuan dan perpisahan

Penantian dan perjalanan yang begitu panjang dalam setiap organisasi, kepanitiaan ataupun kelompok dadakan itu yang membuat Asya serasa addicted terhadapnya. Tak cukup hanya diungkapkan dengan kata apalagi cuma satu posting blog ini. Lepas dari itu, ada banyak alasan mengapa kamu harus jadi tipe orang yang kura-kura, kuliah dan rapat. Dan kamu pun pasti lebih tau daripadanya bukan? Pertama, ketika kamu belajar berorganisasi, kamu pun akan belajar melatih diri baik dalam softskill maupun hardskill. Selain itu, kamu pun akan belajar melatih kesabaran, tanggung jawab, komitmen, ketekunan pokonya smua yang baik ada di dalamnya, Insya Allah. Kedua, ketika kamu ikut serta dalam sebuah kepanitiaan atau acara dalam suatu organisasi, kamu pun akan mengenal lebih banyak orang, banyak karakter, dan secara tak langsung kamu akan belajar mengenal terhadapnya. Ketiga, ketika kamu mulai melakukan berbagai kegiatan, kamu akan mulai menikmatinya, merasakan sensasinya dan bahkan menjiwainya dengan rasa. Meski galau mengaburkan perjalanan dan hambatan slalu kunjung datang. Keempat, ketika kegiatan itu selesai dan kamu mulai merasa nyaman dengannya, kamu pasti tak kan rela untuk mengakhirinya. Tapi apa daya waktu memang harus terus berjalan. Bukannya waktu tak mau menunggu tapi memang waktu dituntut untuk slalu move on dalam kondisi apapun. 

Setiap pertemuan pasti ada perpisahan, entah hati ini menghendaki ataupun tidak. Yang paling penting adalah rasa syukur. Syukur bisa ikut andil dalam suatu bagian, syukur bisa mengetahui bahkan mengenal lebih dalam, dan syukur dapat bermanfaat untuk sekitar.
"Sampai bertemu di suatu hari, dimana kita akan tersenyum malu, lalu disusul pada tawa menggelegak, hanya dalam hitungan detik kita bertatap, tanpa ada kata terucap, bersumber pada slide show di pikiran kita masing-masing, tentang sesuatu yang sama, sesuatu yang ndak indah-indah semua kayak KCB, juga ndak sedih-sedih terus kayak Ratapan Anak Tiri" (Suhandono 2012)
Terinsiprasi dari posting blog Kak Isti, meskipun tak ikut serta dari awal tapi euforia PIMPI nya sangat terasa sekali. Semoga tahun depan Asya ada diantaranya, aamiiin. Dan demisioner BEM TPB 48 yang tinggal menghitung hari, 1 tahun bersama Kabinet Madani,  1 tahun bersama PSDM dalam suka dan menggapai cita.

November 19, 2012

Sembilanbelas November

HARI INI SUBHANALLAH SEKALI!
Gak perlu basa-basi pake dear diary ya. Posting kali ini ingin curcol tentang hari ini dan smoga rasa senang yang Asya rasakan dapat menular hingga teman-teman pun merasakannya, aamiiin :) #mainnyaperasaanyasekarang,eh, hashtagnya panjang banget --'

Oke dimulai dengan kuliah jam 7.00 WIB, Prancis dan Dastek. Selanjutnya matkul PBB gak kuliah full karena Ibu Nurjannah harus pergi ke Solo. Dan terakhir adalah praktikum Biokimum yang berakhir pukul 16.30 WIB. Dari situ langsung caw ke kostan untuk menyimpan barang-barang yang awalnya akan dibawa tapi setelah dipertimbangkan rasanya tidak diperlukan, #okeskip. Agenda selanjutnya adalah jenguk Faizal, salah satu keluarga PSDM yang sedang ngamar di Katili, Faiz syafakillah ya! :') Kegiatan menjenguk Faizal ini dilakukan bersama Nisak dan Nabiela juga. Katanya sih darahnya membeku dan kalo di infus bisa mencair, mungkin Faiz makan es di Puncak jadi aja membeku, #gakpenting. Setelah menjenguk Faiz, Pukul 17.00 WIB Asya langsung caw ke SC untuk bertemu dengan kelompok 4 PKM-GT Forces yang kece, mulai ketularan Kak Istiq, ada Indra, Sonya, Diah, dan Chusen yang entah dimana.  Pukul 18.00 WIB, mulai panik, segera menyudahi pertemuan dan siap-siap untuk MALAM WISUDA MAGENTA 49 :D


Ambil spanduk di sekret bem, bawa buku Magenta, cap BEM TPB, dan gunting. Ya, hampir smua barang di sekret dibawa, #okelebay. Lalu langsung caw (lagi) ke Kortan. Siap-siapin untuk registrasi dan smua perlengkapannya dan (lagi) akhirnya pukul 19.00 dimulai lah, MALAM WISUDA MAGENTA 49. Manaf jadi MC seorang diri, mantap dan kayaknya mulai nyaingin Nabiela, Ihsan, dan Dhani, eh. Rangkaian malam wisuda pun akhirnya berakhir. Ya, proker terakhir (red: Magenta) dan acara terakhir (red: Malam Wisuda Magenta 49). Rasanyaaaaa ya senang, sedih, dan nano-nano. Berarti ya H-6 hari demisioner! :'(


Tapi sebelum berakhir ada beberapa orang yang dipanggil ke depan oleh Faisal untuk mempertanggungjawabkan apa yang mereka buat, oke lebay. DHANI, ZAKIYYA, NABIELA, ANAS, dan DEVI SELAMAT UlANG TAHUN, SELAMAT MILAD! Oke, mungkin agak telat surprisednya tapi gppalah ya, seperti pada postingan sebelumnya yang penting sukses! Dhani, selamat milad dan kangennnnn rasanya! Akhirnya ngumpul juga dan datang di acara MAGENTA! Alhamdulillah yaa~ Zakiyya udah beberapa waktu ga papasan lagi kalo kuliah, selamat milad dan pengen dong bukunya, bagus banget xD Nabiela yang nambah tua di hari ini smoga betenya cepat hilang dan menemukan apa yang harus di cari di seseorang, eh.  Anas dan Devi yang berulang tahunnya beberapa waktu lalu, selamat milad salah satu bagian dari Team Evaluasi :DD

Untuk Dhani, Zakiyya, Nabiela, Anas, Devi.
11 orang PSDM ngumpul! Ya, hampir lengkap dan udah lama ga kumpul full team seperti itu. Faiz yang sakit, dan Nisa Lathifa yang sibuk di tempat lain smoga kapan-kapan kita bisa kumpul bersama kembali. Berbagi cerita tentang asam manis nya hidup yang telah dilewati ketika tak bersama, ketika demisioner memisahkan kita untuk sementara :')

ps. foto-foto lainnya menyusul ya soalnya masih cari datanya di siapa xD

November 16, 2012

Kabinet Madani #2

Pertemuan pertama itu dilanjutkan di depan GKA, mencoba saling mengamati dan mengenal diri satu sama lainnya. Contohnya kapan lahir ke bumi? apa yang kamu suka? aku ya? --' kebiasaan kalo lagi bete yang semuanya ternyata terdiam, ya kalo anak PSDM ada apa-apa pasti diam dan itu bahaya! Kesan pertama tentang PSDM dan staff nya? pokoknya LUAR BIASA dan kata itu pun tetap tak tergantikan dengan kata lainnya sampai detik ini sekalipun. Masih bertanya-tanya kenapa Asya bisa masuk PSDM padahal wawancara waktu itu hancur banget rasanya. 

Kami pun dipertemukan kembali oleh waktu di RKU 2.2 dengan senyum, riang, gembira mengenakan almamater tercinta. Ya, pertemuan kedua itu saatnya pelantikan. M. Afif Azhar di sumpah di atas Al-Qur'an sambil mengucap janji setia, eh sumpah pelantikan. Sumpah tersebut dibacakan oleh Abu Ubaidah selaku Ketua DPM saat itu yang kemudian oleh calon anggota BEM dan IKMT diulang pengucapannya.   

Janji Pelantikan
Di akhir pengucapan janji itu pun Asya ucapkan: Insya Allah. Janji telah terucap dan saatnya membuktikannya. Sebenarnya ada rekaman suaranya dan ada videonya tapi cukup Asya dan yang mau minta aja yang tau ya :D Ada beberapa alasan mengapa Asya merekam ini, yaitu supaya Asya tetap ingat dan memacu semangat di kala lemah, lesu, dan lelah. 

Hari-hari selanjutnya kami isi dengan menyusun RKAT! Rancangan Kerja Awal Tahun ini benar-benar menguras energi, pikiran, dan lidah kelu. Mengapa demikian? Karena pembuatan singkatan acara yang cukup membuat imajinasi terbang melayang dari mulai baso sampai BBM --' Program Kerja PSDM yang lebih banyak dibandingkan departemen lain pun memaksa kami berpikir keras lagi. DAN TARA! Akhirnya lahirlah:
1. BRANI (Basic Training for Social Organizer) yang dikepalai oleh Faisal Rahman
2. LMCE (Lomba Menulis Cerpen dan Esai) yang dikepalai oleh Fathur Rahman
3. SUBSIDI (Sukses Ujian bersama Generasi Madani) yang dikepalai oleh M. Abdi Manaf
4. POLDA (Polkompol Sadaya) yang dikepalai oleh Imanda Fardhani
5. MAGENTA (Madani Regeneration Training yang dikepalai oleh M. Raja Ihsan
dan ada KITTA (Komunitas Ilmiah dan Pecinta Sastra) yang dikepalai oleh Faizal 'Ainul Adha

Penjelasannya? Tunggu posting seanjutnya ya. Waktu telah menunjukan pukul 1:20 dan besok harus bertemu dalam Forum Keluarga Mahasiswa Cianjur dengan HIMAT, saatnya berkontribusi untuk Cianjur :3 Oya kalo kata jendral: "Ingat, jasad ini memiliki haknya, mari kita tunaikan :)"

November 15, 2012

Harry Potter

*Ini posting nekat diantara tugas yang banyak* --'

File:Harry Potter wordmark.svg

Berawal dari Diva yang bilang ada Harry Potter and the Philosopher's Stone di salah satu channel di televisi, rasanya ya ingin lihat dan entah kenapa gak ada bosannya. Kalo gak salah si kecil Harry Potter ini telah bermain sejak Asya kelas 1 SD, berarti 14 tahun silam loh! Subhanallah ya~ Tapi tetap saja meski sudah ngulang baca novel Harry Potter and the Philosopher's Stone sebanyak 4 kali, Harry Potter and the Chamber of Secrets sebanyak 4 kali, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban sebanyak 3 kali, Harry Potter and the Goblet of Fire sebanyak 2 kali, Harry Potter and the Order of the Phoenix sebanyak 2 kali, Harry Potter and the Half-Blood Prince sebanyak 2 kali, dan Harry Potter and the Deathly Hallows sebanyak 1 kali (Perhitungan yang tidak akurat dan hanya berdasarkan ingatan). Kalo tentang bagaimana ceritanya Harry si anak yang bertahan hidup dan dapat bertahan hidup sampai sebesar ini pasti teman-teman pun tau ceritanya bukan? Kalo gak tau coba follow-up terus jadwal tayang di TV #gakadakerjaanbanget atau baca novelnya atau nonton filmnya, bisalah ya? :D

November 12, 2012

Cincin Molisch

"La, kita coba uji itu yuk!"
"Uji mana?"
"Itu, uji yang ada cincinnya, lucu soalnya"
"Belum ada yang nyematin di jari ya?"
"Eh?"
"Belum ada jodohnya ya?"
"Ada sih (aamiiin) tapi entah masih dimana"

Praktikum Biokimia Umum minggu ini melakukan serangkaian uji mengenai enzim. Pada awal pertemuan dijelaskan mengenai enzim terutama yang ada di dalam mulut. Sebenarnya banyak sekali enzim yang terdapat dalam tubuh ini. Namun, enzim ptialin yang terkandung dalam saliva mudah dilakukan beberapa uji sederhana terhadapnya.  Pertama-tama setiap praktikan diharapkan dapat menyumbangkan saliva nya, agak diperhalus karena menyebut air liur mungkin dapat menimbulkan beberapa kontraksi terhadap beberapa orang ketika membaca postingan ini, kalo gak keluar juga praktikan harus melakukannya dengan sedikit bantuan dari kertas saring yang dibasahi asam asetat encer (red: cuka). Ketika memasukan kertas saring tersebut asam asetat encer akan bereaksi dan menghasilkan saliva yang mulai terkumpul dalam satu titik tepatnya dibawah mulut tersebut. Saliva yang telah terkumpul dimasukan ke dalam gelas ukur.

Pada saliva ini pun dilakukan beberapa uji diantaranya lakmus FF dan MO untuk membuktikan bahwa saliva itu asam, biuret untuk menentukan adanya ikatan peptida (protein), millon untuk membuktikan adanya asam amino tirosin, molisch untuk membuktikan adanya karbohidrat, khlorida untuk membuktikan adanya Cl, musin, sulfat dan fosfat. 

Terus maksud posting ini dengan judulnya apa dong? --' Nah, dari serangkaian uji tadi ada hasil praktikum yang menarik yaitu hasil dari uji molisch! Kenapa coba? Sebentar kita lihat dulu bagaimana urutan kerjanya. Pertama-tama masukkan 5 tetes pereaksi molisch, campur merata kemudian tambahkan perlahan-lahan melalui dinding tabung sebanyak 3 ml asam sulfat pekat. Selanjutnya masukan saliva sebanyak 2 ml ke dalam tabung reaksi. Hasilnya adalah:

Hasil Uji Molisch
Terbentuklah cincin ungu di dalam tabung reaksi dan hal tersebut membuktikan bahwa saliva mengandung karbohidrat. HORE! :D Posting cincin molisch ini sebenarnya terinspirasi dengan postingannya Nabiela yang penuh dengan berbagai macam kode, eh, dan juga teman-teman sekeliling yang entah kenapa setiap laku dan kata yang terucap menjurus ke hal 'kehidupan selanjutnya'. Dan beberapa mahasiswa pun mulai membaca berbagai macam literatur yang dapat menunjang kehidupan tersebut, mulai dari blablabla, ah rasanya tak usah disebutkan pasti udah pada taulah ya :P Hal tersebut lumrah mengingat perlunya dilakukan persiapan untuk kehidupan tersebut, persiapan sejak dini, dan jangan lupa persiapan memperbaiki diri terus-menerus untuk pasangan kita suatu saat nanti.
The best love story for a Muslim is finding another Muslim who makes their Imaan rise, makes them want to gain knowledge and become more pious.-Usamah Khan via Nabiela

Pesta Demokrasi IPB

TAHUN 2012 = TAHUN PEMILU IPB
Tahun 2012 itu tahun spektakulernya IPB loh! Mengapa demikian? Karena satu tahun lagi akan genap berumur 50 tahun, acara MPKMB yang keren banget dan Asya bisa menjadi bagian dari kepanitian tersebut *sujud syukur, oke mulai gak nyambung dengan judulnya --' di lain waktu Insya Allah akan posting tentang MPKMB :P
Ya, fokus kembali. Tahun 2012 itu tahunnya PEMILU! Mengapa demikian? Karena di tahun ini Ketua BEM di Fakultas, TPB, dan diploma dilakukan pemilihan dengan jalan demokrasi yaitu pemungutan suara. Selain itu, Presma dan Wa-Presma IPB pun dilakukan pemilihan juga. Pemilihan tersebut dikenal dengan PEMIRA (Pemilihan Raya). PEMIRA dilaksanakan pada tanggal 7 November 2012 di masing-masing sekretariat PEMIRA. Dan, gak kalah heboh-nya juga yaitu PILREK, Pemilihan Rektor. Pemilihan Rektor ini melibatkan seluruh civitas akademika IPB, MWA, dan disinyalir Mendikbud pun ikut berpartisipasi.

Harapan

"...karena pada siapa lagi saya harus menaruh harapan, Forces 10". 
Mendengar kata tersebut rasanya seperti kata terakhir, ya memang kata terakhir yang diucapkan dari seorang Direktur Forces, Kak Septian Suhandono di saat (mau) pelantikan tapi gak jadi. Kata terakhir ketika akan lengser dalam masa jabatan, kata terakhir akan demisioner, kata terakhir untuk generasi baru Forces 10. Ya, Asya tau bagaimana rasanya akan demisioner, lengser dari jabatan padahal sudah betah banget di dalam sebuah organisasi. Tapi seperti kehidupan yang berputar, ada masa nya generasi baru menggantikan generasi lama yang telah mengecap asam manisnya sebuah kehidupan organisasi. Di malam (rencananya mau) pelantikan ini dibeberkan bagaimana kehidupan Forces. Seperti halnya organisasi sebelumnya yang Asya terjun ke dalamnya bahwa: pasti kamu akan mengalami defisit (keuangan), pasti kamu akan capek, pasti kamu akan membagi waktu santaimu dengan organisasi, dan pasti lainnya yang akan membuat kamu belajar untuk memilih, melatih kesabaran, dan (mungkin) melatih kedewasaan. Ya, semua itu tergantung diri kamu sendiri menyikapi apa yang terjadi dalam hidupmu. 
Menurut mbah google (2012) harapan atau asa adalah bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu kejadian akan bebuah kebaikan di waktu yang akan datang. [1]Pada umumnya harapan berbentuk abstrak, tidak tampak, namun diyakini bahkan terkadang, dibatin dan dijadikan sugesti agar terwujud.[2] Namun ada kalanya harapan tertumpu pada seseorang atau sesuatu. [1] Pada praktiknya banyak orang mencoba menjadikan harapannya menjadi nyata dengan cara berdoa atau berusaha.[2]
Harapan disini menaruh kepercayaan terhadap banyak orang, Forces 10. Harapan untuk memajukan Forces, dan harapan yang pada intinya melanjutkan 'keberadaan' Forces.
Buat apa masuk organisasi yang sudah sempurna dari awal? Lah terus tantangannya apa? I mean semua organisasi pasti punya 'cacat', tapi kan justru 'cacat' itu yang bikin kita semangat (Firdaus 2012).
Langkah para pejuang itu tapaknya berbeda-beda, romannya pun tak sama, tapi tongkatnya dan tujuannya akan selalu sama (Arrantisi 2012).
Dan, dalam kata harapan itu tersirat pertanggungjawaban apa yang telah diucapkan ketika wawancara, komitmen yang telah diniatkan di awal, dan semangat kontribusi nyata untuk membuktikan semua hal tersebut.


ps. Sebenarnya agak galau untuk mengikuti organisasi satunya dan takutnya organisasi yang sebelumnya malah terbengkalai dan gak mau banget kedua hal yang Kak Septian katakan tentang 'ada masanya...' itu terjadi pada saya. Entahlah, masih menimbang-nimbang semua baik, buruk, dan resikonya. Dan (juga) harus lebih memantapkan niat awal masuk organisasi ini! 

November 9, 2012

Useless

Sore ini rasanya useless banget, rasanya bukan apa-apa, rasanya bukan siapa-siapa. Dan, setelah dengar jeritan pilu istighfar itu rasa takut, marah, kesal, dan sedih pun menjalari raga ini. Jeritan itu seperti meng-iya-kan apa yang berkecamuk beberapa puluh menit dan bahkan beberapa jam sebelumnya di akal dan hati yang tak henti bergolak. Hati ingin berkata namun apa daya akal masih tak bisa menerimanya karena segala pertimbangan yang ada. Pertimbangan yang memang mencegah melakukan segala hal yang dirasa tak perlu dilakukan. Bukan hanya omongan belaka tapi sebuah aksi yang memang seharusnya dilakukan. Bukan perdebatan berkepanjangan yang rasanya tak ditemukan titik akhirnya tapi bicara antara hati ke hati yang Insya Allah akan bertemu titik terangnya. Banyak yang harus dipelajari, dipikirkan, dilakukan dengan baik setelah mengumpulkan keberanian utuh dalam diri. Ya, pembelajaran yang begitu berharga dan menyadarkan bahwa jiwa ini masih jauh dari sempurna, jauh sekali. Dan memang sebaiknya harus dicoba untuk dinikmati serta menyusun strategi perang untuk mengakhiri ini dengan baik, bismillahirrahmanirrahim

Kabinet Madani #1

Sebelum demisioner, sebelum segala sesuatunya terlambat, sebelum blog ini penuh dengan label lainnya. Izinkan Asya untuk bercerita tentang BEM TPB 48 Kabinet Madani, PSDM, dan segala sesuatunya tentang orang-orang hebat di dalamnya. Inginnya posting semuanya dalam beberapa chapter berbeda. Tapi rasanya semua dalam satu jiwa, satu asa, satu visi, satu misi, satu kesatuan yang tidak bisa dipecah begitu saja. Tapi (lagi) akan sangat panjang sekali apabila menceritakan perjalanan panjang ini dalam satu posting blog, jadi ya bertahap aja oke :D Ah, rasanya tak ingin ada demisioner, berpisah dengan orang-orang hebat, berpisah dengan keluarga ketiga yang super sekali di IPB (pertama lorong dan kedua kelas TPB), berpisah dengan generasi Madani.

Pertemuan pertama itu terjadi di pelataran Graha Widya Wisuda (GWW) pukul 06.00 WIB. Rencana awal pertemuan di Koin IPB tapi berhubung pagi itu mendung dan air sudah tumpah ke bumi akhirnya dipindah ke tempat lain. Pertemuan pertama itu dibuka oleh M. Reza Fahlepi sebagai MC dan Faisal Rahman entah sebagai apa, lupa --' Selanjutnya M. Afif Azhar dengan senyum merekah yang menggantung di wajahnya menyapa anggota keluarga barunya, Kabinet Madani.


November 7, 2012

Hidup itu Pilihan

"Hidup itu PILIHAN. Pilihan menjadi seseorang yang negatif atau seseorang yang positif bagi dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya. Hidup itu gak bisa netral seperti halnya kita menjadi penengah karena tidak mau mengambil resiko ketika kita memihak seseorang dalam suatu permasalahan".

Hari ini tepatnya bada isya, kami Forces 10 diundang BPH untuk: sounding Forces Limited Day, sounding PIMPI, dan penyampaian motivasi berorganisasi "Why I have to choose?". Hmm  kayaknya bukan sounding tapi hearing kali ya --' Meskipun gak wajib datang tapi Asya pilih datang ke Forces ngerumpi ini karena memang di jarkoman dan pengumuman grupnya ga ada tulisan wajib apa enggak loh ckck kalo misal ga datang kan bisa ngerjain yang lain, jangan diikuti --' Tapi alhamdulillh-nya Asya gak nyesel datang ke acara ini :D Ya, malah rasanya sedikit tertampar dan ngerumpi ini pun telah menjawab beberapa pertanyaan yang mengganggu, berkecamuk dalam hati, jiwa, dan raga akhir-akhir ini, bahasanya ya --'

Oke, kembali ke kalimat pertama dalam paragraf pertama tentang "Hidup itu PILIHAN". Semenjak berorganisasi di Kabinet Madani, mengikuti kepanitiaan dan nge-magang-in generasi baru penerus Madani, kata "Hidup itu PILIHAN" pun sudah tak asing lagi dalam telinga ini. Ya, ketika memilih berorganisasi itu secara gak langsung kita pun akan meninggalkan berbagai kegiatan yang bisa dibilang memanjakan diri sendiri seperti baca novel, rumpi bareng teman asrama atau kost, nonton film dan bahkan tidur seharian. Dan, seperti diingatkan (kembali), masuk Forces ini suatu pilihan. Kalo kata Kak Pajar, seriusan pake huruf P dan J, pilihan itu dipondasi oleh: Pertama yaitu kesabaran. Kesabaran dalam belajar dan melakukan berbagai hal. Kalo gak sabar pasti pekerjaan pun gak akan selesai dengan baik atau bahkan bisa terbengkalai. Kedua yaitu kesahaleh-ah(ditambah untuk yang putri)-an. Keshaleh-ah-an disini tergantung niat awal kita masuk suatu organisasi. Kalo misal niatnya udah gak baik dan di perjalanan pun berubah haluan menjadi tidak baik karena keshaleh-ah-an-nya terkikis. Ketiga yaitu tanggung jawab. Tanggung jawab sangat ditekankan di sebuah organisasi dan bahkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena tanpanya pekerjaan yang kita lakukan pun akan terbengkalai dan dalam berorganisasi pun bisa saja ia menghilang entah kemana. Keempat yaitu harapan. Harapan yang ditargetkan di awal perjalanan apabila dilupakan akan membuat perjalanan itu bagai mati rasa tanpa arah. Seperti nama Asya yang artinya harapan juga berarti harus punya harapan dan target yang harus dicapai. Bukan cuma tulisan doang tapi aksinya juga #maksanyambungin hhee dan jangan lupa FOKUS TERHADAP PILIHAN YANG TELAH DITETAPKAN! Gak boleh melenceng-lenceng dan apabila melenceng harus sadar (kembali) dan ingatkan (kembali). Saling mengingatkan ya cems :) SEMANGAT! :D 

November 2, 2012

Seminar Pertanian Nasional

Ingin tau bagaimana rumusan pertanian kita langsung dari menterinya? 
Ingin tau bagaimana Jusuf Kalla memandang pertanian? 
Ingin tau bagaimana CEO Martha Tilaar, CEO Kelola Mina Laut, Owner Sabila Farm berdiskusi kiat sukses membangun agroindustri negeri?
Ingin tau bagaimana Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian memandang agroindustri?
Ingin tau inovasi teknologi pertanian terbaik dari mahasiswa dan badan litbang terkait pertanian?

Semua di Seminar Pertanian Nasional
Pekan Inovasi Mahasiswa Pertanian Indonesia (PIMPI) 2012
Minggu, 18 November 2012 di GWW
segera order tiketnya hanya Rp 20.000,- via Elis (085710953672) atau via twitter @pimpi_IPB

atau datang langsung ke stand kami di Media Center IPB :D

PIMPI 2012 | Agrotechnopreneur untuk Negeri!
pimpi.event.ipb.ac.id | forces.lk.ipb.ac.id

November 1, 2012

Please be My Month, November!

SELAMAT DATANG NOVEMBER :D
dan Selamat Tinggal UTS!

Bulan November, bulan ke-sebelas dan bulan baru untuk memulai dan membuat semangat baru untuk menghadapi UAS! Mungkin efek dari UTS yang sedikit kaget karena soal-soal yang 'mudah' dan harus dijawab dengan super-ekstra. Bukan alasan atau alibi sih sebenarnya tapi mungkin ada salah strategi dalam menghadapi UTS kemarin. Dan yang terpenting adalah HARUS MEMPERBAIKI di SESI UAS ini
Oke, kembali ke 'Selamat Datang November'. Biasanya, dulu ketika zaman Asya masih labil, biasanya (lagi) nge-tweet di twitter dan mengetik beberapa kata lalu menambahkan hashtag di belakangnya. Beberapa kata itu bukan sembarang kata tapi sebuah harapan dan target yang ingin dicapai di bulan tersebut. Namun, ada kontroversi, mungkin bisa dibilang seperti itu, yang menyebutkan bahwa sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan. Hal itu disebabkan dapat menimbulkan kecemburuan sosial, ria ataupun sombong dan sebaiknya langsung saja ditujukan kepada Yang Maha Mengetahui dan Yang Maha Mengabulkan Do'a :)Tapi mungkin saja alasan ia melakukan tweet tersebut: semoga para followers nya ikut meng-aamiiin-kan doanya, entahlah.

October 27, 2012

Menggila Setelah UTS Hari 1

H + 1 minggu UTS! Ya, baru saja melewati 4 mata kuliah dan istirahat sementara karena libur yang bisa dibilang cukup panjang, libur lebaran Idul Adha :D Selamat Hari Raya Idul Adha :) Sebenarnya dan seharusnya ga boleh melakukan hal ini, tapi berhubung habis blogwalking, akhirnyaaaa ingin ingin ingin blogging, apapun xD *Oke sepertinya mulai agak lebay. Dan akhirnyaaa (lagi), Paul pun upload foto-foto kita yang 'jadi cantik' :3

Bermula dari lagi pengen banget ke Bread Unit entah dari zaman kapan dan belum kesampean juga karena kuliah dan praktikum yang padat. Selain itu, toko roti yang cukup laris ini pun selalu sudah tutup setelah jarum jam menunjukan pukul 15.00 WIB --' Nekat setelah UTS hari pertama, Dasar-dasar Teknologi Hasil Peraiaran, dan ingin refreshing sejenak, akhirnya ke Bread Unit jugaaa! Agak khilaf untuk foto kuenya akhirnya kami pun foto diri kami sendiri --' Maaf ya xD

October 21, 2012

Akhirnyaaaaa, Pulang!

RUMAH! bukan rumah kedua atau ketiga (red: kostan atau kampus tercinta), tapi ini rumah asli, nyata, tajam, terpercaya #okeskip. Mungkin memang agak lebay sih, mungkin, tapi yaudahlah yaa~ Akhirnya di rumah juga! Setelah genap dua bulan kau ku tinggalkan, setelah pelajaran berharga terakhir yang ku dapatkan di sana, setelah berbagai kegiatan yang menyita waktu, setelah event spektakuler, hijau, biru, ahoy, asik, solid, jaya, dahsyat, jotos, ya mulai agak random --' intinya sih setelah MPKMB 49, OMBAK 2012, SENSORI 2012, GPIK 2012, MAGENTA 49, dan laporan, jurnal serta sebangsanya yang secara gak langsung mengharuskan tetap stay di Bogor. Ya, sebenarnya agak NEKAT di sela-sela minggu menegangkan seperti ini malah pulang tapi memang ada beberapa alasan kuat yang mewajibkan pulang. Sensori 2012 yang menghabiskan waktu weekend di bulan November dengan acara-acara 'menariknya', magang FORCES yang katanya akan mulai bulan November, dan laporan, jurnal serta sebangsanya yang akan selalu bertemu sampai beberapa tahun kedepannya, subhanallah ya, pasti bulan November nanti gak bisa pulang --'


October 19, 2012

Semangat UTS!

Biasanya pulang kuliah bada ashar, biasanya lanjut rapat atau kumpul, biasanya ke LSI buat cari bahan tugas, biasanya sampe kostan sebelum jam malam, biasanya sampe kostan ngerjain laporan/artikel/jurnal/tugas lainnya, biasanya sambil online yang memang menghabiskan waktu, biasanya akhirnya ketiduran.
Tapi untuk sekarang HARUS BERUBAH!
"Karena hidup adalah pertanggungjawaban dan pertanggungjawaban terdekat, minggu depan, adalah Ujian Tengah Semester" (Firdaus 2012)
Dan karena memang tujuan utama kita disini (red: kuliah) adalah BELAJAR,
maka AYO FOKUS UTS!
SEMANGAT BERGERAK! SEMANGAT BELAJAR! :)

October 17, 2012

Milad Bersama :D

AKHIRNYAAA! Selamat bertambah umur FATHUR! :D Setelah sekian lama tepatnya hampir 3 bulan buat rencana kejutan tapi selalu gagal karena banyak alasan, entah Fathur yang sibuk dimana, CSS Mora sih tepatnya ataupun kami yang gak siap untuk memberi kejutan ketika Fathur hadir dan ikut rapat sehingga membuat personil PSDM kesal tiada tara termasuk Asya didalamnya. Hmm tapi ya yang paling penting sekarang tugas Nisak dan Manaf sebagai peje ulang tahun selesai #loh --' Dannn, mungkin terlalu lama dari hari H nya juga sih. Ya, ketika kami (red: Asya, Nabil, Zakiyya, Nisak, Faizal, dan Ihsan) membawa kue dan menyanyikan lagu selamat ulang tahun, bada maghrib hari ini @ Kortan, mau tau apa yang terjadi? Fathur pun ikut bernyanyi dan bilang: "Selamat ulang tahun kami ucapkan" *sambil bertepuk tangan pula. Lalu ia pun bertanya: "eh bil siapa yang ulang tahun? Ihsan atau Faizal?" *Apa banget ga sih pertanyaan ini? --' Yaudahlah yaa~ Hal yang paling penting dan terpenting adalah kami, PSDM 48 sukses membuat surprised untuk Fathur :D Buktinya? bisa dilihat digambar sebelah kiri ini loh. Di depan Fathur ada kue lapis bogor sebagai kue ulang tahun dan ia pun sedang buka kadonya :D

Banyaaaaaaaaak banget yang bertambah umur akhir-akhir ini, alhamdulillah semoga semakin barokah umurnya, aamiiin. Beberapa diantaranya, lusa kemarin Mba Yuli-mentoring TPB, kemarin Amah Evi-amah lorong 4, A1, hari ini Afiefah-salah satu team eval dan sekretaris BOS BEM TPB, dan tanggal 15 Oktober pun MBA LIA pun bertambah umurnya :D Akhirnya sepuh kita pun berulangtahun #eh. Nah biasanya sepuh kami ini jadi peje ulang tahun tapi untuk moment spesial ini ya enggaklah tapi Faisal sendiri yang jadi 'peje', ya memang harus dikutip dari kata peje ini dan hanya PSDM sendiri yang tau mengapa #gakusahdibahaslagi. Ya, hari ini pun, malam ini, dan baru beberapa jam lalu kami (red: yang diatas ditambah Faisal, Manaf, Rikrik, Lusi, dan Bela) datang ke kostannya dan buat surpriseddd. Awalnya 'agak' sedikit miss-communication karena katanya Mba Lia ada kuliah sampe jam 20.30 WIB dan dari maghrib pun kita menanti waktu itu untuk melakukan apa yang kami rencanakan. Tapi ternyata kuliahnya batal dan yah mulai menyusun strategi yang baru. Singkat cerita surprised nya pun terlaksanaaa! Meski agak ngaret 3 hari sih tapi seperti yang disebutkan diatas "Hal yang paling penting, kami PSDM 48 sukses membuat surprised untuk Mba Lia" :D

Selamat milad Mba Lia, Fathur, Amah Evi, Mba Yuli, Afiefah dan Asya #loh. Eh beneran kok :3 Kalo dihitung sesuai tahun Hijriah, Asya bertambah umur lebih cepat yang jatuh pada tanggal 1 Dzulhijjah, dan sekarang sudah kepala duaaa, #okeskip. Semoga semakin barokah umurnya, semakin sayang dan disayang oleh Allah SWT, lancar dan sukses UTS nya, lebih baik dan menjadi terbaik dari sebelumnya, dan doa terbaik selalu untuk kalian semua, termasuk yang baca posting ini :P
Aamiiin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin :)

October 6, 2012

Perjalanan Dimulai

Jumat malam mendapatkan sms dengan isi 'traktiran yak' #apacobaya --' Hmm sebenarnya agak geer juga sih, yah mungkin diterima tapi ga mau terlalu muluk dan ingin lihat langsung pengumumannya. Dan paginya, tepatnya pagi ini, 06 Oktober 2012 pukul 07.30 WIB, Asya menyempatkan mampir ke SC sebelem berangkat menuntut ilmu untuk responsi pengganti MKI minggu depan #eaaa.  Nah, ketika lihat di depan sekret nya, eh taunya ga ada pengumuman apa-apa, seriusan ga ada :O Sedikit galau dan banyak dilema juga sih tapi akhirnyaaaaaaaa, malamnya dapat sms yang isinya seperti ini:
"Assalammu'alaikum. Selamat kepada yang menerima sms ini Anda lolos seleksi wawancara Forces 10, gathering perdana Minggu jam 19.00 WIB @ Korfat, tempat bisa berubah. Semangat berkarya!"
Ya, akhirnya dapat sms itu juga. Alhamdulillahirrabbil'alamin :D
Semoga sms itu bisa menjadi langkah awal perjalanan baru, kegiatan baru, dan semangat baru, aamiiin :)
Sebenarnya sih agak malu juga dan kayaknya telat banget tapi yaudahlah ya belum ada kata terlambat untuk mau berkarya, semangkA :D

October 5, 2012

Rindu Kelapa Ceria

"Terkenang masa-masa bersama kalian. Berkumpul, berfikir, bekerja, merancang kebaikan bagi generasi penerus, namun tak lepas dari canda yang mengeratkan persaudaraan." (Pratama 2012)

Kelapa Ceria? Apaan sih? Dengar namanya aja pasti bingung ya? Yaudahlah yaa ~
Ya, entah kenapa akhir-akhir ini rasanya rindu kumpul dan rapat dengan Kelapa Ceria #eaaaa. Nah, mungkin karena: Pertama, Asya bertemu dengan Bue di FPIK waktu makan siang dan ngobrol-ngobrol juga. Kedua, beberapa waktu lalu pun tiba-tiba ada yang menutup muka dan pura-pura jadi adik kelas yang ikut MAGENTA (so(k)  muda banget ya) trus ambil tangan Asya dan salaman lalu bilang: "Kak, pulang dulu ya". Ketiga, bertemu lewat  di Kortan sambil melambai dengan (katanya) anak birena yang kalo diliat-liat sih emang mirip anak birena #peace. Keempat, liat anak alay di SC lagi mewawancarai anggota baru UKM yang sangat dielu-elu-kan-nya. Kelima, ketemu orang yang sering banget di-bully dan lagi sibuk banget sepertinya, semangkA! Hmmm, ya, sekarang ini keluarga baru yang Asya temukan beberapa bulan lalu udah pada sibuk di tempatnya masing-masing.

Oh iyaaaa, LUPA, Kelapa Ceria belum dijelasin yaa? xD Kelapa Ceria itu Keluarga Divici Acara MPKMB 49 dengan jumlah anggota keluarga 23 orang (termasuk Asya) dan dikepalai oleh Pak Calim, sekretaris dik Nisak, dan pengurus keuangan rumah tangga Bue Niar. Yah, meskipun ga slalu full team ketika rapat tapi kami slalu coba saling mengisi dan melengkapi :3 20 orang lagi siapa dong? Mau tau banget? HAHAHAA :P Okedeh Asya jelasin yaa :D


Di hari 1 MPKMB ada 6 orang keren, termasuk Asya di dalamnya xD Ya, ada Bue Niar yang sabar dan kalem banget. Rei yang (katanya) kayak anak birena dan master film jepang, korea, dan antek-anteknya. Nisam yang suka mau ngerjain semuanya dan MC MPKMB. Deny yang narsis padahal alay banget dan yang ngeh waktu Asya bilang backstage --'. Supri yang atasan Asya karena DPM yang suka ngurus PSDM dan suka ngomong bijak :D Peje hari 1 MPKMB  (alhamdulillah) paling sering full team kalo ada rapat, asik banget deh pokoknya liat aja foto eksklusif disamping kiri ini, oke banget lah yaa? :D Nah, hari 1 MPKMB punya tema "Perkenalan Kampus", ngenalin mulai dari lingkungan kampus, staff akademika, LK, LS, dan UKM :D

Di hari 2 MPKMB ada 6 orang keren (dibawah hari 1, pastinya). Chevia yang partner gugus 1 dan jowo banget. Hari yang ahli musik dan sedikit terselubung #loh. Silmi yang temannya Rei dan beberapa hari lalu baru ulang tahun loh #selamatulangtahunadiksilmi :3. Abu yang kadang sibuk di tempat lain dan semangat aksi banget, oya ngomong-ngomong baju garda kayaknya belum dikembaliin --'. Lina yang ternyata kostannya dekat banget sama Asya dan beberapa waktu lalu (beneran) ulang tahun :D Nah, hari 2 MPKMB itu jatuh pada tanggal 31 Agustus 2012 dengan tema "Pergerakan Mahasiswa", agak gimana gitu ya dengar tema ini :3 Manajemen aksinya oke dan asik banget, mau tau ceritanya? Tunggu postingan selanjutnya, sabar ya soalnya entah kapan --'

Di hari 3 MPKMB ada 6 orang keren (dibawah hari 1 (lagi), pastinya). Nisak yang slalu jadi sekretaris tapi gabisa ngomong huruf 'sss' #eh. Monicha yang ter-bully banget tapi slalu ceria meski di bully --'. Zahra yang kadang hilang #loh. Delmar yang teman berantem Nisak karena 94, kadang terlihat dewasa tapi sering terlihat autis. Rifal yang ikut-ikutan alay slalu ledekin ngomongin backstage kalo ketemu --'. Manaf yang ketawa mulu kalo senang atau sedih #baguslohnaf :D (lihat pojok kanan yaa, nah itu orang-orangnyaaa) Nah, hari 3 MPKMB itu punya tema diversikasi pangan dengan beras analog dan sampe datangin Pak Mohammad Nuh loh!

Di gathering MPKMB ada 6 orang keren (dibawah hari 1 (lagi dan lagi), pastinya). Indah yang slalu bilang 'saya' padahal bilang 'aku' juga gppa kok :3. Anis yang teman Zizah dan dulu suka ketuker trus kalo manggil jadi Indah, maaf :(. Umar yang partner di gugus 1 (juga) dan mau banget dipanggil Hanafi --'. Budi yang peje takbir dan suka banget pake bahasa isyarat dengan media kertas, go green dongs. Fendi yang terlihat lungguh dan halus banget padahal  titik titik titik #apacoba ya. Salim yang kebapak-bapakan sekali dan karenanya dulu Asya pilih Divisi Acara karena Salim (katanya) seorang trainer outbond dan smoga ketularan ilmunya, aamiiin. Sebenarnya sih di gambar ga cuma peje gathering doang tapi yaudahlah yaa~

Mungkin kelapa ceria memang bekerja di 'backstage' tapi smoga apa yang kami buat, Kelapa Ceria, dapat mengena di hati adik2 49 serta menjadi awal langkah yang indah untuk pencarian jati diri :D Pokoknya keduapuluhdua orang ini LUAR BIASA sekali dan Asya gak nyesel, bangga banget bisa mengenal dan menjadi bagian dari Kelapa Ceria. Gak sabar menanti hari setelah UTS dimana kita berkumpul kembali di CURUG NAGA! *smoga ga ada naga --' dan berharap hari itu ga bentrok dengan jadwal MPD *November padat syekali.


@ AHN. Srikandi Kelapa Ceria makan bersama Rektor IPB!
@ RK C. Setelah rakorrrrr ~
@ Depan SC. Gathering 1 MPKMB 49
"Semoga Allah berkenan menjadikan kalian sebagai orang-orang yang akan menjadi saksi bahwa surga itu benar-benar ada, dan semoga Allah berkenan mengumpulkan kita semua di dalamnya."

September 18, 2012

Danus di MONAS

15 September 2012, sungguh luar biasa sekali! Piknik bareng 30 personil THP 48 yang kece. Mau tau siapa aja? ada Ayua, Farah, Nilam, Paul, Mia Riski, Mia Dewi, Dewi, Aisyah, Dona, Diah, Nadia, Uus, Arini, Apon, Mina, Ryana, Wulan, Ayumi, Eka, Sara, Rere trus ada Tazim, Eka R, Emil, Azis, Dista, Rudi, Idan, Gigih, dan Tanjung. Dannn semuanya hebat sekali dalam berjualan #eh. Ya, tujuan utamanya adalah danus bareng di Monas. Visi dari danus kali ini adalah mengakrabkan THP 48 melalui serangkaian acara danus dan mencari uang tambahan untuk acara Halal bihalal tapi acara Halal bihalal ini gak jadi karena ada Sensori, kalo ini lain waktu aja ya dibahasnya. 

September 5, 2012

Temu PSDM 05 September 2012

Ya Allah, terima kasih atas nikmat yang tak terperi untuk hari ini, malam di penghujung jam malam, PSDM, Nabil, Mba Lia, Zakiyya, Rikrik, Nisak, Faisal, Faizal, Ihsan, Manaf. Dan Nisal, Fathur, serta Dhani yang slalu kami nanti kehadirannya.

Selamat ulang tahun Rikrik :D
Selamat ulang tahun Rikrik :)
Hari ini nano-nano sekali dan bawaannya lemas, efek shaum, mungkin, tapi harus tetap istiqomah, bahasanya xD Oke dimulai dengan galau seharian tentang bagaimana mempersembahkan hal yang istimewa untuk teman, sahabat, dan keluarga PSDM ini, Rikrik. Akhirnya setelah selesai praktikum perdana avertebrata air, yang super sekali materinya, langsung cusss ke kostan dan malah tepar, yaudahlah ya --' Selanjutnya, bertemu dengan Nabil untuk mempersiapkan kado istimewa, print ini itu lalu buat scrap book bareng Faizal. "Kata-kata adalah doa, jadi harus berhati-hati", serius! Kami bercanda dan berandai-andai bagaimana kalo Rikrik tiba-tiba datang. Mau tau kelanjutannya?  Dan, benar saja ketika kita lagi menempelkan foto-foto, Rikrik pun DATANG dan kami pun gelagapan menyembunyikan itu semua --' Tapi alhamdulillah-nya Rikrik gak ngeh xD

Sebenarnya, hari ini adalah kumpul PSDM (rutin) dan spesial untuk merayakan atau syukuran ulang tahun Rikrik dan Fathur. Tapi sayang sekali Fathur gak bisa datang. Sebenarnya agak kesal karena sepertinya Fathur gak niat datang tapi yaudahlah seiring dengan berjalannya waktu berkumpul selama dua jam itu rasanya temu silaturahmi ini adalah salah satu moment yang sangat dinantikan untuk kedepannya. Mengapa demikian? Ehem.. ehem, karena pasti akan ada waktunya berpisah walau itu hanya sementara, kesibukan kuliah, organisasi dan pilihan hidup yang akan menuntut waktu itu sendiri. Tapi sepeti yang diungkapkan Faisal yang dikuti dari, lupa siapanya, bahwa memang setiap orang tidak akan slalu bersama. Namun, ketika kebersamaan itu datang kembali, ia akan datang secara terhormat, meng-sharing kan pengalaman-pengalaman yang telah ia dapat di kehidupan lainnya.

Dan itu semua secara tak langsung menuntut dan mewajibkan kita untuk membuat PROPOSAL HIDUP, to the point banget ya, xD Ah rasanya belum ada timing yang tepat untuk membuat hal yang luar biasa ini tapi suatu saat nanti saya ataupun teman-teman yang membaca dan belum membuat pun harus buat ya! 'Suatu acara atau kegiatan yang hanya dilakukan sehari atau beberapa minggu pun dibuat proposalnya. Mengapa suatu acara besar yaitu hidup kita tak kunjung dibuat juga proposalnya' Dan semoga dengan semakin bertambahnya umur apa yang kita tulis dalam proposal hidup tersebut akan terlaksana, 'jika kita memiliki cita-cita yg tinggi, buat juga standard tinggi dalam menjalani kehidupan kita sehari-hari'. SEMANGAT! :D