January 12, 2017

Selamat Ulang Tahun, Forces!

Dua Belas Januari ditetapkan sebagai hari lahirnya UKM Forces IPB. Tahun 2017 ini adalah tahun kelima belas untuk Forces. Masih remaja ya, kurang lebih baru masuk SMA. Di hari berbahagia ini, Kabinet Progresif membuat photo challange dengan tema: "15th Bersama Forces". Dan akhirnya memicu banyak chat baik di grup Alumni, Forces maupun SG. Well, kalo boleh jujur photo challange ini JAHAT! Memaksa kita untuk membuka folder-folder lama, melihat foto-foto yang penuh cerita, dan membangunkan kenangan lalu tanpa bisa kembali ke masa nya.

Di postingan kali ini, Asya ingin bercerita tentang dua tahun (yang biasanya tiga tahun) perjalanan Asya bersama UKM Forces IPB. Sebenarnya nggak se-WAH ceritanya adik-adik tingkat yang ternyata bagi mereka Forces memberikan cerita cinta tersendiri. Forces adalah cinta pertamanya bahkan sebelum ia menginjakkan kaki di Kampus IPB. Forces adalah organisasi/keluarga/amanah pertama yang memberikan kesan sangat mendalam. Bahkan, ada yang benar-benar cinta dengan Forces namun karena suatu hal ia nggak boleh menyentuhnya. Banyak cerita-cerita yang seru yah karena Forces! Lalu bagaimana cerita Forces bagi Asya? Yuk, check it out! :3

Tahun 2011 adalah tahun dimana pertama kalinya Asya menginjakkan kaki di Kampus IPB. Teringat entah ketika daftar online atau daftar ulang atau masa perkenalan, kami, mahasiswa baru diberikan satu lembar borang untuk diisi mengenai ekstrakurikuler yang diminati. Asya memilih tiga ekstrakurikuler dan salah satunya adalah UKM Forces IPB. Berharap bisa bertemu jodoh di salah satu UKM yang Asya ikuti nantinya. Namun, di awal tahun pertama perkuliahan, Asya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti internship program dibawah BEM TPB 47 yang akhirnya berlanjut menjadi pengurus di BEM TPB 48 - Kabinet Madani. Diakhir masa kepengurusannya, kami, para pengurus diberi borang evaluasi terkait berbagai hal dan salah satunya mengenai prestasi. Setelah evaluasi diri, tahun pertama ini ternyata Asya terlalu fokus di akademik dan organisasi sampai lupa untuk 'berkarya dan berprestasi'. Disisi lain, ketika disibukkan dengan kepanitiaan Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) Angkatan 49, yang notabennya panitia tersebut berasal dari berbagai organisasasi, salah satu anggota di divisi Acara bercerita tentang serunya UKM Forces IPB.
UKM Forces IPB di acara Open House
Selanjutnya, Asya pun memutuskan untuk mengubah haluan berorganisasi. Mendaftarkan diri sebagai Scientist Muda angkatan 10 bersama mahasiswa IPB yang rata-rata adalah angkatan 49 (satu tingkat dibawah). Mengesampingkan rasa minder ditengah-tengah adik tingkat yang superb dan sudah ngeh untuk berkarya di tingkat awal. Serta, tidak ingin disibukkan dengan berbagai laporan yang menanti di departemen tapi juga bisa membuat suatu karya melalui karya tulis ilmiah. Setelah melalui seleksi administrasi dan wawancara, akhirnya Asya pun dinyatakan lulus dan diterima menjadi anggota Forces. 

Makrab Forces Pertama (untuk Asya)

Kumpul Forces Angkatan 8, 9, dan 10
Setelah dinyatakan lulus, para Forces Muda mengerjakan beberapa tugas yang selanjutnya akan dipresentasikan di Best N Rise. Selanjutnya, Forces Muda tersebut dilantik menjadi anggota Forces dan menjalani Sekolah Forces sebagai bekal untuk berkarya. Di Sekolah Forces ini dikenalkan berbagai jenis karya tulis dan didorong untuk mengikuti berbagai perlombaan baik skala nasional maupun internasional. Alhamdulillah, Asya pun mendapatkan kesempatan untuk mengikuti lomba karya tulis di Malang bersama tim (Nizam dan Kak Rizal - Forces 09). Pengalaman mengikuti perlombaan ini sungguh berkesan karena, bagi Asya, ini merupakan kali pertamanya Asya mengikuti lomba, naik kereta jauh, ke Jawa Timur, dan bahkan tertinggal kereta yang mengakibatkan kami harus membeli tiket lagi. Kelaparan sepanjang malam karena uang bekal habis dibelikan tiket kereta. Namun, semua hal itu dibayar lunas dengan serunya perlombaan tersebut, bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa superb dari berbagai universitas dan bonusnya kami mendapatkan juara kedua. Cerita selengkapnya disini.

Selain menjadi sarana belajar untuk berkarya, UKM Forces IPB pun mengasah scientist muda untuk belajar berorganisasi dan juga memberikan pelayanan terbaiknya mengenai bidang keilmiahan dan karya tulis ke mahasiswa IPB melalui berbagai event diantaranya Pekan Inovasi Mahasiswa Pertanian Indonesia (PIMPI), roadshow Bayer Young Environmental Envoy, pelatihan jurnalistik, dan lainnya. Selain itu, Forces pun menjadi sarana belajar untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat melalui berbagai program mulai dari Kebun Bergizi sampai memasarkan produknya ataupun melakukan kegiatan belajar-mengajar di desa. 

Pekan Inovasi Mahasiswa Pertanian Indonesia (PIMPI)

Roadshow BYEE ke IPB, organized by Forces

Kegiatan Comdev
Di Forces pun terdapat Forum Alumni Forces yang menjadi salah satu favorit Asya. Disini, Asya bisa mengenal kakak-kakak tingkat yang inspiratif. Dan dari merekalah Asya belajar banyak hal, bahkan mendapatkan berbagai bantuan dalam merealisasikan berbagai cita Asya. Terima kasih kakak-kakak :') Di Forces pun, seiring berjalannya waktu, Asya mempunyai banyak adik tingkat yang prestatif sehingga memacu Asya untuk sharing pengalaman dengan mereka dan memicu diri ini untuk terus produktif.

Sharing dengan Alumni

Kondangan bareng Forces Angkatan 7, 8, 9, dan 10
Budaya nyekret pun menjadikan sekret Forces tidak pernah sepi setiap sore sampai jam malamnya. Bahkan, pagi dan siang pun terkadang suka ada saja yang nyekret entah untuk sekedar mengerjakan tugas, diskusi dan membuat karya tulis, makan bareng, ngobrol ataupun tidur. Olahraga bareng keliling IPB, masak dan ngeliwet, tahun baruan, dan berbagai kegiatan lainnya yang seru dan mengakrabkan adik-rekan-kakak sebagai anggota UKM Forces IPB.
Makan!

Kerja Bakti beberes Sekret

Sport and Fun!

Forces Goes to Subang
Di tahun kedua, Asya ditarik menjadi salah satu badan pengurus harian (BPH) dan membantu mengurus berbagai administrasi. Selain itu, Asya pun mendapatkan tambahan amanah dalam membina adik asuh dan tentor untuk tetap produktif menulis. Serta, controlling departeman Riset dan Edukasi (Risedu) baik anggota maupun programnya. Program yang disusun, satu per satu direalisasikan dan dipertanggungjawabkan. Satu tahun kepengurusan pun tidak terasa sudah terlaksana dengan baik. Regenerasi Forces angkatan baru pun dilakukan dan akhirnya sampailah pada waktunya untuk demisioner.

UKM Forces IPB - Kabinet Kupu-kupu

Tahun baruan di SC!
Dua tahun bersama UKM Forces IPB memberikan kesan yang begitu dalam untuk Asya. Selain belajar untuk berorganisasi, Asya pun mendapatkan banyak sekali pembelajaran yang meningkatkan kapabilitas Asya dalam bidang kepenulisan. Relasi yang terjalin bersama adik dan kakak alumni memperkaya wawasan dan membuka kesempatan lainnya untuk terus menjadi pribadi yang produktif. Dan, bagi Asya, Forces juga adalah tempat dimana Asya menemukan passion, sahabat, keluarga, dan cinta.

Terima kasih Forces sudah mengizinkan Asya untuk menjadi bagian darimu.

Selamat ulang tahun, Forces!

No comments:

Post a Comment