May 19, 2013

QRL Goes To Malang

FISHMO
Cerita ini bermula dari ajakan seorang teman satu UKM  Forces, Nizamora Is-Cak Elmundo, yang ngajak buat karya tulis. Setelah diskusi online, yang rasanya diskusi online paling efektif daripada diskusi lainnya akhirnya kami menemukan topik dan judul yang bisa diangkat pada karya tulis ini yaitu "Quick Recovery Lotion (QRL): Aplikasi Gelatin Ikan Tuna Tipe A sebagai Emulsifier Pembuatan Lotion Akselerator Penyembuhan Luka Pasca Bedah" Untuk melengkapi karya tulis ini, Nizam recommend satu orang lagi yaitu Kak Rizal Eko Kurniawan - Fakultas Kedokteran Hewan dan anggota UKM Forces juga. Deadline abstrak tanggal 12 April 2013 lalu pengumuman seleksi abstrak tanggal 19 April. Rasanya sempat mundur juga karena ada pendaftaran abstrak gelombang kedua. Di gelombang kedua pun Asya sempat mengirimkan satu karya tulis lagi bersama Mada dan Kak Prisca dengan tema Chitocalcium. Waktu pengiriman full paper pun rasanya harus banyakin istighfar tapi alhamdulillah DIA memudahkan jalannya, dalam waktu satu jam saja  proposal sudah rapi dijilid, foto copy, lembar pengesahan lengkap dan pengiriman karya tulis lewat pos. Pengumuman finalis pun tiba. Malam itu kondisinya laptop baru selesai di instal ulang dan modem ketinggalan di tas laptop sang adik. Wara-wiri cari modem dan akhirnya dapat punya Ajeng. Cek web dan jreng-jreng-jreng ada nama Asya Fathya Nur Zakiah! Maaf banget untuk Mada dan Kak Prisca. Semoga project lain yang deadlinenya semakin mendekat ini pun lolos dan berangkat, aamiiin. Ya, jadi yang masuk 11 besar finalis Fishmo adalah kartul QRL :D

Setelah itu, proposal pengajuan dana keberangkatan pun dibuat, surat izin, dan tugas-tugas pun diselesaikan sesegera mungkin.

Tanggal 13 Mei cus berangkat ke MALANG! Hari Senin pagi itu, Asya sempatkan ke kampus untuk mengumpulkan tugas dan mengurus surat izin.

Pukul 10.00 WIB, Asya dan Kak Rizal berangkat duluan karena Nizam mau ngikut praktikum dulu, katanya. Di St. Pasar Senen, KRL nya gak berhenti dan tetap melaju kencang akhirnya Kak Rizal memutuskan untuk ke St. Jatinegara. Karena gak terlalu ngerti, Asya ikut keputusannya saja. Di St. Jatinegera tidak ada keberangkatan kereta ke Malang dan bukti pembelian tiket online pun tidak bisa ditukarkan. Alhasil ngebut-ngebutan naik ojeg dari St. Jatinegara ke St. Pasar Senen. Rasanya kayak ceritanya Campina dulu yang ngejar-ngejar kereta, ah semacam di film-film.

Pukul 13.10 WIB sampai di St. Pasar Senen. Kak Rizal langsung antri tukar tiket sambil kita pun nunggu Nizam yang belum datang juga. Pukul 13.40 bukti pembelian tiket online telah ditukarkan dan kereta Matarmaja pun telah melaju menuju Malang --' Ontime dipertaruhkan disini, sedikit saja tertinggal langsung ditinggal tanpa merasa iba. Oke, kami pun ketinggalan kereta dan mungkin ini rencana-NYA supaya tetap nunggu Nizamora --' Dan, dari sini pun kami niatkan untuk menang dan tidak merasa rugi setelah kembali dari Malang. Ah, malang ya.
Tiket kereta Matarmaja yang hangus
Pukul 14.10 WIB Nizam datang dong dengan senyum tanpa dosanya --' Akhirnya, kami pun beli tiket kereta lagi, Majapahit yang dua kali lipat dari Matarmaja karena beda kelas ditambah uang jajan buat calo. Ya, cukup merogoh kantong yang sangat dalam sekali.
Tiket kereta Majapahit
Pukul 15.14 kereta Majapahit pun berangkat! 

Jarak
Rute ke Malang!
Ya, pantang pulang sebelum sampai ke Malang. Dan ini pertama kalinya Asya ke Jawa Timur dan naik kereta jauh. Bertemu dan sempat ngobrol-ngobrol dengan Mbak yang berhenti di Semarang karena ia baru saja selesai wawancara di Jakarta. Di kereta itu rasanya perjuangan banget dengan keadaan lowbat hp, laptop, dan kantong. Akhirnya tidur untuk memuasakan semuanya #okeskip.

Cerita berlanjut ke tanggal 14 Mei 2013 
Pukul 9.00 WITA lebih sampai di Malang dalam keadaan lowbat hp, laptop, dan kantong. Bertemu dengan LO yaitu Mba Elma dan Mas Reza dan minta beliau untuk charge semuanya.
Wisata Malang :9
Pukul 10.00 WITA sampai di kampus Universitas Brawijaya! Pemandangan dikampusnya itu seolah-olah kayak kita sedang berada di Ancol cuma gak ada lautnya. Selanjutnya, kami diantarkan ke laboratorium lalu kantin untuk makan pagi bersama finalis lainnya. Makan pagi yang dijajanin sama mas dan mba nya itu soto ayam. Sebenarnya agak aneh sih, nasi dan sotonya langsung dicampur, mungkin menghemat piring juga tapi yang paling penting sotonya enak :9
Soto Ayam :9
Dan kami pun keliling UB dan foto-foto
UB dan keramaiannya :O
HERE WE ARE - Atika, Ka Ifah, Asya, Ka Yoke
Foto sebrang rektorat
Foto di daerah perpus yang oke banget
Foto depan FPIK UNIBRAW
Pukul 12.00 WITA kami diantar ke penginapan di daerah Singosari. Jauh? Iya, tapi Asya sih asik-asik aja diajak jalan jauh jadi bisa melihat bagaimana kota Malang.
Pukul 13.00 WITA sampai di Singosari, registrasi, dan istirahat.
Pukul 17.00 WITA latihan dan belajar buat karya tulis yang dipresentasikan. Agak atau mungkin banyak nervous dan Asya pun diberi wejangan dll dari para ahli yang sering presentasi
Pukul 19.00 WITA makan malam dan technical meeting. Suasana persaingannya mulai timbu sodara-sodara.
Pukul 20.00 WITA masih anteng belajar di teras

Hari yang dinanti, ah sebenarnya tidak juga. Tanggal 15 Mei 2013
Pukul 06.00 WITA sudah standby di depan Aula BLK Singosari bareng Mba Titis dari ITS. Namun, sampai pukul 08.30 WITA pun kami masih tetap disana, duduk manis. Lalu tiba-tiba ada seorang ibu yang menghampiri, Ibu Ningrum. Beliau inspiring banget, meski sudah berumur tapi jiwanya tetap berjiwa muda. Beliau bercerita tentang minyak atsiri dari berbagai macam bunga dan bisnis lainnya.
Pukul 08.30 WITA akhirnya berangkat juga dan menuju tempat eksekusi. Setelah berputar-putar akhirnya sampai di ruang presentasi. Sarapan terlebih dahulu dan tak lupa foto bersama sebelum berkompetisi di dalam ruangan.
Delegasi dari IPB, UGM, UNDIP, Univ Negeri Yogyakarta
QRL Team sebelum presentasi
Pukul 09.30 WITA masuk ke dalam ruangan. Lihat presentasi anak SMA oke banget! Mereka udah tau jurnal dari kelas 1 SMA. Asya tau jurnal aja baru semester 3 ini --' Ide-ide nya pun layaknya mahasiswa SMA! Oke, Asya gak mau kalah!
Pukul 15.00 WITA (kalo gak salah) akhirnya nama institusi kami pun dipanggil setelah sebelumnya Ka Ifah, Ka Yoke, dan Mas Gery presentasi. Deg-degan banget tapi inget banget kata-kata seseorang, JUST PERFORM AND DO THE BEST! Bisa dan pasti bisa! Dan, setelah presentasi kami diberikan beberapa pertanyaan dan alhamdulillah-nya pertanyaan itu sudah kami prediksi keluar dan kami pun bisa menjawabnya :D
Presentasi
Ka Ifah, Ka Yoke dan Mas Gery
Ka Budi, Ibnu dan Atikah
Pukul 17.30 WITA hasil presentasi pun diumumkan dan jreng-jreng-jreng
JUARA KEDUA!
Ya, sujud syukur banget! Sempat sebelum pengumuman pun Asya memerhatikan piala yang berjejer rapi dan menggoda di depan. Asya cuma minta: "Semoga kembali modal". Dan, rencana Allah pun lebih indah :') Dan tak lupa foto (lagi) dengan finalis FISHMO lainnya.
Foto Bersama
Asya dapat teman baru juga, Batari namanya. Sharing tentang laporan THP di UNIBRAW dan IPB dan rasanya Asya harus lebih bersyukur dan gak boleh banyak ngeluh dengan tugas yang ada saat ini :')

Pukul 19.00 WITA masih standby di asrama Unibraw. AKhirnya, sambil nunggu Tiqo yang rapat dulu sampai jam 21.00 WITA, Asya, Nizam, Ka Iffah, Ka Yoke, Atika, Ka Budi, dan Ibnu pun makan malam di pekarangan asrama dengan taburan bintang, yuhuuu ~
Pukul 20.30 WITA akhirnya Tiqo datang! Nizam sama Tiara yang mau nungguin Tiqo jemput Asya pun akhirnya cus pulang juga. Ah, Sely yang sabar dan baik banget nungguin Asya dijemput pun akhirnya pulang ke asramanya juga.
Pukul 21.00 WITA ke tempat bakso bakar yang enak banget :9 

Sampai di kostan Tiqo ketemu Tia dan Eka yang cerita banyak hal. Mulai dari laporan anak-anak FPIK nya Unibraw yang rasanya purba banget. Ah, rasanya Asya dan anak-anak FPIK IPB lainnya harus lebih bersyukur banget karena laporan kita gak separah mereka guys!

Tanggal 16 Mei 2013
Pukul 09.00 WITA pun Asya dan Tiqo sarapan pagi lalu cus cari oleh-oleh. Asya beli satu dus dongs dan ada yang punya Nizam juga didalamnya tapi. Selanjutnya, ke Matos. Yah, supaya tau Matos katanya --' Anter Tiqo ke MX juga buat beli kado anniv nya sama Rizka.
Pukul 12.00 WITA buru-buru ke kostan, sholat dzuhur dan ikut kuliahnya Tiqo :3 Kuliah psikologi yang mengajarkan tentang statistika.
Pukul 15.00 WITA makan siang dan siap kembali ke Bogor. Ah, rasanya cuma sebentar di Malang ini :''
Perpisahan sama tiqo
Stasiun Malang
Pulang dengan Matarmaja!
Tanggal 17 Mei 2013
Pukul 14.00 WIB Asya sampai di Bogor. Selamat datang Kampus IPB tercinta, selamat datang tugas yang ditinggalkan minggu lalu. Selamat datang tugas minggu depan yang dinanti. Mungkin ini alasan kaka-kaka THP yang malas meninggalkan kampus lama-lama. Namun, hal ini justru tak menyurutkan Asya untuk menjelejahi belahan bumi pertiwi Indonesia yang lainnya. Yuk: "Mari berkarya, ukir prestasi dengan cinta, majukan pertanian Indonesia!" :D
Ada banyak hikmah dan pelajaran yang bisa Asya ambil dalam perjalanan kali ini. Terima kasih :')

No comments:

Post a Comment