March 30, 2013

Cerita ISHARE 2013

ISHARE? Acaranya Kementerian Sosial MAsyarakat BEM-KM IPB. Acara I-SHARE ini sebenarnya sudah ada sejak dua tahun lalu waktu Asya masih duduk manis di bangku TPB. Tahun pertama itu acaranya BESAR banget. Ya, besar karena 'katanya' konsumsi peserta banyak yang tersisa dan menggunung di belakang Rektorat. Lalu memang banyak sekali peserta yang ikut Turun Desa. Tahun kedua rasanya memang gak terlalu kedengaran atau mungkin Asya yang kurang buka telinga mendengar informasi ini? Sebenarnya pernah dengar dan sempat mau ikut acara Cinta Satu Malam di Desa yang merupakan nama acara Turun Desa 2012 tapi karena bentrok dengan suatu hal akhirnya dibatalkan. Tahun ketiga? Ya, tahun ini. Acara Turun DEsa ISHARE 2013 memiliki konsep yang berebeda dari tahun-tahun sebelumnya. Acara ISHARE 2013 ini mengadopsi dari sistem PKM atau Program Hibah Bina Desa Dikti yang sedang populer saat ini. BEM dan HIMPRO yang bergerak di bidang Sosial Masyarakat akan ditantang oleh panitia ISHARE untuk membina desa dalam waktu singkat yang memiliki permasalahan di sekitar kampus. Dan, Insya Allah pada acara Turun Desa ISHARE 2013 ini akan diadakan piala bergilir pengabdian masyarakat semacam OMI atau IAC sebagai salah satu motivator perlombaan pengabdian masyarakat ini.


Singkat cerita, Asya mendaftarkan diri sebagai salah satu staff divisi Turun Desa dan, entah harus mengucapkan apa, diterima di Divisi Turun Desa. RG Pertama ISHARE 2013 itu Asya ga datang karena harus menyelesaikan paper yang deadlinenya malam itu. Keesokan harinya, Idan cerita tentang RG kemarin dan Asya agak shock, shock banget malah. Karena jujur saja, Asya dapat dikatakan newbie dalam bidang ini. Setelah sempat pergantian, pengertian ini dan itu akhirnya Asya coba terima. Toh ga ada salahnya untuk mencoba bukan? Kalo kata Kak Fikriyatul Falasifah:

"Just push your self into limit!"

Ya, mungkin ini kesempatan dan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Jadi keingetan kata-katanya Azhar Nurun Ula dalam blognya:

"Dan yang paling penting: berbahagialah! Beban berat ini diletakkan di pundakmu tentu karena Allah (Yang Maha Tahu) itu tahu bahwa hanya kau yang pantas dan sanggup menanggung beban ini. Berbahagialah! Karena kau telah menjadi orang kepercayaan Allah, untuk memimpin kami, untuk memimpin keluarga yang tentu sangat engkau cintai. Berbahagialah!

Kalo coba diaplikasikan dengan kondisi Asya saat ini mungkin terlalu berlebihan tapi segala sesuatu harus dilihat dengan cara pandang positif bukan? Mungkin ini suatu hal yang baru, pembelajaran dan salah satu cara untuk melihat potensi terpendam yang kita miliki, bahasamu sya --' Syukuri semuanya :)

Turun Desa pun punya super team yang kece, ada Amal, Melisa, Mba Erin, Thomas, Akbar, dan Adhiet yang terkadang mereka sibuk dengan kegiatannya masing-masing namun slalu coba menyempatkan hadir untuk berkumpul, berbagi cerita, mendengarkan, mengeluarkan ide gila, dan mengambil keputusan. Dan disini pun kita sama-sama belajar. Semoga acara ini berjalan dengan baik dan sukses, aamiiin. Setiap acara atau kegiatan punya visi dan misi sebagai tujuan utamanya. Dan, di acara ini pun kita tak sekedar punya tujuan biasa tapi punya tujuan yang mulia :)

Ada sedikit cerita tentang Upgrading ISHARE 2013. Upgrading ini kita Turun Desa ke beberapa RT sekitar Dramaga, menanyakan beberapa hal ini dan itu kepada warga desa. Dan tak lupa ada dokumentasinya juga. Asya satu kelompok bersama Amal, Ari, Uli, Thomas, dan duh satu lagi lupa namanya --' dengan Mba Puji sebagai pengawas kami.


Super teams 1
Thomas wawancara Bapak lupa namanya, maaf
Foto bersama
Amal dan Uli dan ibu-ibu yang diwawancarai
Beberapa permasalahan yang dihadapi warga desa diantaranya: tempat pembuangan akhir (TPA) yang minim, jalan atau jembatan yang rusak di perbatasan RW 05 dan RW 06, sumber air yang dinilai kurang untuk perairan sawah maupun kebutuhan warga setempat sebagai dampak pesatnya pembangunan di sekitar kampus, penerangan jalan yang kurang ketika malam hari, beberapa tempat tidak terdapat got sehingga menyebabkan banjir ketika hujan deras, posyandu masih minim, kerja bakti yang jarang dilakukan, jamsesmah masih belum merata, kurang berjalannya organisasi kepemudaan, mahasiswa minim berinteraksi dengan warga dalam keseharian, mahasiswa tidak melapor ke RT setempat apabila ada tamu atau kegiatan di tempat tinggalnya di atas jam 22.00 WIB, dan lain-lainnya. Permasalahan diatas Asya kutip dari press release yang dibuat Mba Puji. Semoga permasalahan tersebut dapat diselesaikan oleh kita semua, aamiiin :)

Mungkin sampai sini dulu cerita tentang ISHARE 2013. FYI, acara ISHARE 2013 dilaksanakan pada bulan September 2013. Rangkaian acaranya ada Turun Desa, Expo Desa dan Kampus, Seminar, dan Children Goes to Campus (CGTC). More information click here. Dan saatnya rehat untuk semua kegiatan dan fokus dengan UTS. Wish me luck for finish my target on  2013 and you too always :)

No comments:

Post a Comment