June 8, 2013

Semai Benih Sayuran

Panduan
Pagi ini, 08 Juni 2013, Asya ikut Kegiatan Bedah Desa nya Mitra Desa Faperta (Mitdes Faperta). Mitdes Faperta merupakan salah satu Duta Bedah Desa I-SHARE 2013. Duta Bedah Desa lainnya yaitu BEM FEMA, Comdev Forces, dan Bindes KM IPB. Setelah sebelumnya ikut Kegiatan Bedah Desa BEM FEMA waktu GO Bedah Desa, kali ini Asya pun ikut Mitdes Faperta :D LO Mitdes Faperta itu Akbar AGH 49, salah satu divisi anggota Bedah Desa I-SHARE 2013. Berhubung Angkatan 49 hari Sabtu masih pada ujian, dan tingkat atas ujiannya mulai hari Rabu, jadilah Asya yang menemani Mitdes Faperta melakukan Kegiatan Bedah Desa. Hubungi Koco, ketua Bedah Desa Mitdes Faperta dan katanya ngumpul jam 7.00 WIB di BNI.

Sampai BNI banyak banget orang, ta kira Bindes KM IPB eh taunya Bindesnya Fapet yang mau turun bagi susu sapi. Sempat bertemu Mba Asta dan Mba Febri lalu ikut nelpon ke Koco karena panik takut ditinggal Mitdes Faperta soalnya kalo liat sekitar ga ada tanda-tanda anak Faperta --' Terus lupa-lupa inget wajah Koco tapi alhamdulillah ketemu juga! Ngumpul bareng Mitdes Faperta dan sempet malu-malu kucing juga karena gak pada kenal --' Berangkat jam 7.30 WIB ke Desa Purwasari. Ketiga kalinya nih kesini. Ngobrol bareng Wiwid trus sama Mba Indri yang ternyata dulunya THP tapi pindah ke AGH karena tuntutan beasiswa. Ngobrolin gossip yang beredar di THP, kaka kelasnya yang terkenal di THP, dan banyak lagi.

Sampai Purwasari jam 8.30 WIB. Asya bawa modul Mikrob juga takutnya disana Asya gabut atau bosen eh selama disana modulnya sama sekali ga disentuh dong --' Disana Asya belajar menyemai sayuran. Dulu sih mikrinya menyemai=panen tapi ternyata salah besar! Semai itu mempersiapkan benih dalam media tanam supaya tumbuh menjadi bibit lalu tanaman. Jenis benih yang digunakan pada praktikum kali ini yaitu cesim, cabai, bayam biasa, dan satu lagi lupa namanya --' 
Benih Cabai

Setelah benih disiapkan, media tanam dicampur dengan tanah lagi karena katanya media tanam yang dibeli terlalu banyak komposnya. Di dalam media tanam juga ada banyak ulat. 

Media Tanam
Tanah yang sudah siap dimasukan ke dalam wadah untuk menyemai :D Bahan wadahnya itu bekas aqua botol, agar, wadah plastik makanan, dan lainnya. Lalu tiga sampai lima benih sayuran ditanam di dalam tanah yang telah dimasukan ke dalam wadah.
Menanam untuk menyemai
Selain ditanam di wadah seperti pada gambar diatas, benih sayuran pun ditanam seperti pada gambar dibawah ini. Kenapa dua wadah? Wadah besar dan kecil maksudnya. Wadah besar itu gak dibolongin dan diisi dengan air, jadi wadah kecil yang berada pada wadah besar itu secara gak langsung terendam oleh air. Berbagai macam media bukan? Ya, bervariasi.
Media Tanam Rendam
Selain itu, benih pun ditanam pada bekas botol minuman, niatnya mau seperti pada gambar pertama postingan ini dan nantinya digantung di dinding-dinding.. Menghemat tempat. Bayangan Asya nih ya, akan jadi oke banget kalo ini dipasang di setiap sudut jalan desa.
Media Tanam Gantung
Banyak banget yang dipelajari hari ini dan banyak pengetahuan yang didapatkan. Terima kasih Mba Indri, Mba Ika, Ka Zamzam, Via, Wiwid, Nurul, Koco, dan Adit. Oke banget deh hari ini :D

Pertanian itu luas dan orang luar, selain IPB, pasti gak mau tau kita sedang belajar atau ahli dalam bidang apa. Maka dari itu, selain perikanan, Asya harus belajar tentang pertanian, ya minimal menyemai. Terima kasih Mitdes Faperta. Tunggu postingan Asya selanjutnya tentang Duta Bedah Desa lainnya :)

No comments:

Post a Comment