June 3, 2013

Wisuda Forces 10

We are scientist
Masih inget postingan Pelantikan Forces? Itu 6 bulan yang lalu. Setelah pelantikan itu, kami belajar dalam rangkaian kegiatan Sekolah Forces. Ada enam pertemuan. Pada keenam pertemuan itu kami belajar tentang motivasi menulis, cara presentasi yang baik, bussiness plan, karya tulis ilmiah, karya tulis sosial, dan paper. Banyak banget hal yang didapatkan dan harus dipelajari lagi supaya menjadi scientist sejati.

Setelah direkap ternyata Asya cuma ikut lima pertemuan. Selain itu, setelah beres SF kami pun diberi penugasan yaitu buat kelompok, karya tulis, dan presentasi di depan kakak-kakak Forces. Sistemnya semacam perlombaan karya tulis. Dan, alhamdulillah setelah ikut LKTI beberapa waktu lalu, Asya punya gambaran seperti apa presentasi yang baik dan benar dan semuanya. Kami pun diberi penugasan tambahan berupa pembuatan CV, isi kesan dan pesan selama di Forces, dan lainnya.

Senin, 03 Juni 2013 adalah Wisuda Sekolah Forces. Setelah menimbang, memilih, dan memutuskan dari 75 orang Forces 10, hanya 57 orang yang dinyatakan lulus, kalo gak salah. Cukup banyak juga sih yang gak lulus, mungkin teman-teman lainnya terlalu sibuk ditempat lain hingga tak sempat sekedar mengunjungi sekret Forces. Acara wisuda dimulai dengan outbond pada pukul 16.00 WIB. Acara awal ini Asya gak bisa ikut karena masih ada urusan di kota, so(k) banget yak bahasanya --' Tapi yang Asya dengar dari Ummu, Iis, dan Dilla sih katanya mereka ditugasi cari logo Forces yang tersebar di sekitar SC, Gym, dan parkiran. Ada tujuh logo dan alhamdulillah semuanya ketemu!

Acara dilanjutkan setelah sholat maghrib dan dibuka dengan tilawah, beberapa sambutan oleh Kepala Sekolah, Kadiv HRD, dan Direktur Forces. Selanjutnya pembacaan nama-nama Forces Angkatan 10 yang dinyatakan lulus Sekolah Forces. Ada banyak predikat disana, yaitu: tidak lulus, lulus bersyarat, lulus, cukup, baik, sangat baik, dan terbaik.

Tentang predikat ini sebenarnya bagus banget loh! Mengapa demikian? Karena ORANG OPTIMIS pasti akan melakukan sesuatu yang lebih baik (lagi) setelah mendapatkan predikat apapun. Ya, entah dia mendapatkan predikat tidak lulus, lulus, dan lainnya. Sebenarnya banyak banget yang pengen Asya sampaikan di sambutan itu, seperti:
1. Predikat ini bukan apa-apa yang penting kamu tetap komitmen, berani maju dan menyambut tantangan di depan :D
2. Yuk berkarya, seperti jargon MPKMB Angkatan 49 yang sampai saat ini Asya coba terapkan pada diri Asya yaitu: "Mari berkarya, ukir prestasi dengan cinta, majukan pertanian Indonesia"
3. Jangan sampai kamu menyesal di akhir tahun ini karena belum bisa berprestasi. Ah, tentang berprestasi sebenarnya tidak harus selalu juara dalam suatu perlombaan. Ini bertahap, kawan. Ketika kamu melakukan suatu hal yang baru, yang awalnya (mungkin) kamu takuti dan kamu bisa menembus rasa takut itu adalah suatu prestasi! Dan, jangan takut gagal! Karena kegagalan itu suatu keberhasilan tertunda dan hal yang terpenting adalah kamu bisa belajar dari kesalahan.
4. Yuk bersyukur! Bersyukur itu memang lebih nikmat dari apapun loh. Dengan bersyukur kamu gak akan merasa kekurangan. Seperti kata Kak Pauzi: bersyukurlah karena kamu telah menjadi bagian dari Forces! 
5. Dan banyak hal lainnya yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata :3

Acara pun ditutup dengan games 5W+1H yang sangat menginspirasi yang dibawakan oleh Kak Pauzi lalu pembacaan puisi oleh Kak Kiky dan Kak Tatang yang oke banget. 

SELAMAT FORCES 10! Terima kasih kakak-kakak Forces 9,8,7,6,5,4,3,2,1.

KITA LULUS SEKOLAH FORCES (JUGA), AKHIRNYA.

Meskipun demikian, kalo kata kak Pauzi (lagi) dan sedikit tambahan dari Asya: Hal yang terpenting setelah kelulusan ini adalah bukan berhenti berkarya karena tidak ada penugasan (lagi) tapi wisuda ini adalah gerbang awal untuk melangkah atau berlari lebih kencang dalam berkreasi, berkarya, dan menginspirasi banyak orang.

SELAMAT DAN SEMANGAT FORCES 10! :D

NB: Wisudanya agak mirip-mirip wisuda 2015 nanti. Ada yang kurang sih sebenarnya, PW nya belum ada, okeskip.

No comments:

Post a Comment