July 21, 2013

HIMAT IPB

HIMAT IPB
(Masih) inget banget, pertama kali datang ke Kampus IPB untuk registrasi ulang. Pukul 06.30 sudah standby di depan GWW dengan teman-teman dari Cianjur. Dan kondisinya rame banget! Selain mahasiswa baru dan orang tuanya ternyata ada kakak-kakak angkatan yang teriakin nama-nama daerah, macem di terminal rasanya :\ Tapi ternyata itu kakak-kakak OMDA (Organisasi Mahasiswa Daerah) yang menyambut adik-adik angkatannya yang baru saja menjadi mahasiswa baru di Kampus IPB. Kece banget dan rasanya kita memang benar-benar disambut dengan hangat oleh seluruh civitas akademika IPB! Spanduk dimana-mana lalu teriakan nama daerah menggelegar dan kerasa banget Bhinneka Tunggal Ika nya. IPB memang terkenal banget dengan keberagamannya. Karena, setau Asya, selain melihat nilai rapot kita (khusus untuk SNMPTN Undangan), ia pun memberi kesempatan kepada mahasiswa-mahasiswa daerah di seluruh Indonesia untuk belajar di Kampus IPB. 

OMDA IPB
Mustika, Uti, Cika siap menyambut Maba
Ngobrol ~
Foto bareng setelah penyambutan Angkatan 49 :3
Nah, Asya mau sedikit menjelaskan tentang Organisasi Mahasiswa Daerah a.k.a OMDA. Jadi, di Kampus IPB ini ada yang namanya OMDA. Dan sebenarnya di Kampus lain pun ada organisasi mahasiswa daerah ini namun (mungkin) tingkatannya hanya sebatas komunitas saja karena tidak diakui oleh kampusnya secara legal. Nah, berbeda halnya dengan di Kampus IPB, OMDA ini diakui secara legalitas dengan sebelumnya mendaftarkan diri terlebih dahulu ke Rektorat IPB. Ada banyak OMDA di IPB mengingat Mahasiswa IPB memang berasal dari (hampir) seluruh daerah di Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke. Sekarang, Asya sedikit menjelaskan tentang HIMAT IPB. HIMAT IPB (Himpunan Mahasiswa Tjiandjoer) IPB adalah salah satu Organisasi Mahasiswa daerah di Kampus IPB. Tjianjoer (Red: Cianjur), penulisannya menggunakan ejaan lama, bukan alay loh ya! :P 

Fungsi OMDA? Ada banyak banget! Selain tempat berkumpulnya mahasiswa daerahnya masing-masing, OMDA bisa dijadikan tempat sharing tentang mata kuliah, buku, tugas, kampus, organisasi di IPB atau hal-hal detail seperti jajanan di sekitar kampus yang sehat dan murah apa sih? Dimana kostan yang bagus dan murah? dan lainnya. Ataupun bisa dijadikan tempat temu kangen ketika lama tak pulang. (Mungkin) ini lebih buat teman-teman yang berdomisili cukup jauh dari Bogor.

OMDA pun biasa dijadikan sarana dalam mempromosikan IPB. Ya, ketika libur semester ganjil (sekitar bulan Januari-Februari) biasanya IPB membuka OR untuk OMDA mana saja yang ingin turut berpartisipasi dalam menyosialisasikan tentang IPB (Red: Canvassing). Namun, tanpa biaya sepeser pun dari IPB, dengan kesadaran sendiri, dan ingin mengaplikasikan slogan IPB yaitu mencari dan memberi yang terbaik, mahasiswa IPB pun menyosialisasikan IPB ke setiap SMA di daerahnya atau dalam suatu event tentang kampus. Selengkapnya tentang HIMAT IPB di CGUD 2013 bisa dilihat disini.
Stand Agro
Expo HIMAT IPB di CGUD 2013
Mempraktikan slogan IPB
Personil HIMAT IPB
Ah iya! Ada yang namanya Gebyar Nusantara (Red: GENUS). GENUS ini pesta poranya untuk OMDA di IPB dan acara ini diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan untuk OMDA yang ada di IPB. Acara ini diselenggarakan satu tahun sekali. Acaranya dimulai dari siang sampai malam dan kece banget! Siangnya ada stand-stand OMDA dan mahasiswa IPB bisa mengunjungi stand ini, nyicip makanannya atau sekedar foto bareng dengan pengantinnya :3 Malamnya itu acara puncak, OMDA yang terpilih bisa menampilkan kreasi khas daerahnya. Sampai saat ini, HIMAT belum kesampean ikut di acara puncaknya. Semoga tahun ini dan tahun selanjutnya bisa tampil di acara puncak, aamiiin.
Gebyar Nusantara 2011
Ramainya penonton :O
Bareng Anis (dari Cianjur), icon Tatar Sunda
Selain itu, HIMAT IPB pun ikut acara Festival Bunga dan Buah Nusantara yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Agronomi dan Hortikultura IPB bulan Mei lalu. Ingin mengucapkan terima kasihbanyak juga untuk Iben selaku PJ FBBN dari HIMAT xD Dan HIMAT angkatan 48, 49 yang turut serta dalam memeriahkan keikutsertaan HIMAT di FBBN :D Meskipun gak dapat juara di FBBN ini tapi kebersamaan dalam suatu kegiatan ini tujuan utamanya. Karena dengan sibuk dan turut serta, ikatan kekeluargaan HIMAT menjadi lebih kokoh :3 Dan yang terpenting adalah pengalamannya juga ;)
Menyiapkan properti
Pawai
HIMAT IPB!
CIANJUR!
Selain acara yang formal-formal, HIMAT IPB pun suka melakukan beberapa kegiatan yang dapat mempererat tali silaturahmi dan kebersaman antara anggotanya. Seperti Buka Bersama, Ngaliwet bareng, futsal bareng, Nonton bareng, Mudik bareng, ataupun mengadakan Malam Keakraban :D
Makrab 2012
Bakar ~
Ngumpul ~
Makan Liwet :9
Foto Bareng :D
Ada banyak banget kegiatan bareng HIMAT IPB. Dokumentasinya gak terlalu banyak nih dan laptop lagi di service, jadi fotonya seadanya dulu ya, nanti Asya coba lengkapi lagi xD Ya, mungkin seperti kebanyakan organisasi, ada titik jenuh di tengah jalan, sibuk dengan kegiatan akademika atau organisasi diluar OMDA sehingga gak kumpul semua. Kadang Asya pun sering gak ikut rapat ataupun ngumpul, maaf ya :( HIMAT IPB, bagi Asya adalah tempat canda tawa sepuasnya, tempat sharing ini dan itu, tempat pulang atas segala kejenuhan kegiatan kampus, dan kebanggaan tersendiri. Syemangat HIMAT IPB! I heart you as always xD Gak sabar menanti kegiatan bareng kalian selanjutnya :3

Follow
Twitter: @HIMAT_IPB
FB: IPB For Cianjur

NB: Tulisan ini disertakan pada #6MingguBerceritaIPB dalam rangka menyambut generasi emas IPB angkatan 50

No comments:

Post a Comment