July 10, 2013

PSDM Madani #2

Postingan blog ini merupakan sambungan cerita dari sini. Pada postingan ini, Asya akan coba menjelaskan tentang program kerja PSDM ketiga sampai kelima yaitu LMCE, POLDA, dan MAGENTA. Yap, Asya hanya sedang melengkapi tulisan blog, menepati janji untuk posting tentang proker PSDM Madani dan lagi-lagi bicara tentang Madani, terutama program kerja yang dilakukan pada tahun pertama di IPB :"

3. LMCE (Lomba Menulis Cerpen dan Esai)
Lomba Menulis Cerpen dan Esai berkolaborasi dengan Forces. Yap, PSDM memfasilitasi mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama untuk menulis. Jadi ceritanya diadakanlah lomba menulis dan esai. Pengemuman lomba ini dibacakan pada seminar LMCE yang dilaksanakan di Ruang Kuliah GKA. Pemateri untuk cerpen yaitu O.Solichin dan Karya Tulis Ilmiah yaitu Kak Septian. Dokumentasinya kurang komplit nich :\ Disini juga pertama kalinya jadi seksie acara bareng Camp, Faizal, dan Ersyad. Dan ada kelanjutan dari proker ini yaitu KITA (Komunitas Ilmiah Pecinta Sastra) :D


Peserta seminar LMCE
Peserta seminar LMCE
Peserta seminar LMCE
Materi oleh O. Solichin
Materi oleh O. Solichin
Tanya jawab
Pemberian plakat oleh ketua pelaksana

4. POLDA (Pol Kompol Sadaya)


“POLDA (Pol Kompol Sadaya) BEM TPB-IKMT-DPM TPB 2012”. “POLDA” berasal dari dua bahasa daerah yaitu “pol kompol” dari bahasa Madura yang berarti kumpul dan “sadaya” dari bahasa Sunda yang berarti semua. Bentuk kegiatan dari “POLDA” adalah kegiatan untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kerjasama antara LK dan LS di TPB. Acara ini dimulai dengan melakukan senam bersama di pelataran Common Class Room (CCR). Selanjutnya, peserta acara POLDA dimobilisasi menuju Cifor menggunakan SEPEDA xD “POLDA” diisi dengan serangkaian games yang dibuat oleh BEM TPB, IKMT, dan DPM TPB. Materi tentang mempererat hubungan antara pengurus LK dan LS di akhir masa kepengurusan diberikan oleh Kak Ramdan (Menteri Kebijakan Publik, BEM KM, dan Mantan Ketua Departemen PSDM BEM TPB 46). Selanjutnya, POLDA akan diisi dengan acara pembuatan dan makan siang bersama, yaitu sate dengan diselingi beberapa makanan ringan :D Selanjutnyaaaaa, cerita via gambar yuks :3 
POLDA
Senam bersama
Starting point
Sepeda ria~
Materi oleh Kak Ramdan
Games putra
Games putri
Makannnnn
Snapshoot

5. MAGENTA (Madani Regeneration Training)
Pada proses perjalanannya, BEM TPB memiliki akhir masa jabatan. Sehingga perlu dilakukan pencarian generasi penerus yaitu angkatan 49, yang akan melanjutkan perjuangan dalam melaksanakan tujuan dan fungsi BEM TPB. Setelah selesai masa jabatan nanti, diharapkan akan muncul bibit bibit baru dari angkatan 49, yang akan siap mengayomi teman teman TPB 49. Oleh karena itu, Departemen PSDM BEM TPB 48 mengadakan kegiatan regenerasi, sebagai sarana keberlanjutan BEM TPB ke depannya. Kegiatan ini dinamakan MAGENTA (Madani Regeneration Training).

MAGENTA merupakan rangkaian kegiatan pelatihan dalam bidang pengembangan softskill, terutama pengembangan nilai-nilai kepemimpinan, pergerakan mahasiswa, serta manajemen organisasi, yang bertujuan agar peserta mampu memahami cara berorganisasi yang baik. Kegiatan ini dilakukan dalam empat kali pertemuan di setiap akhir pekan (hari Sabtu dan Minggu). Rangkaian acaranya berupa penyampaian materi mengenai BEM TPB 48, pergerakan mahasiwa, serta manajemen organisasi yang meliputi manajemen diri, manajemen waktu, dan manajemen rapat. Dan kegiatan terakhir adalah upgrading.

Pengarahan oleh panitia
Beridskusi memecahkan clue
Para pemberi clue
Peserta MAGENTA
Setelah mendapatkan HARTA KARUN xD
Madani dan Magenta

Dan berakhir sudah program kerja PSDM sesuai RKAT 2012. Lima program kerja boy! Setelah selesai satu lalu lanjut ke program kerja selanjutnyaaa! Subhanallah sekali kalo dipikir-pikir beresin lima proker xD Semoga program kerja ini bermanfaat untuk mahasiswa IPB angkatan 48 dan 49, aamiiin :"

PSDM KABINET MADANI
Dedicated for 12 orang kece PSDM plus Asya xD Terima kasih banyak untuk kekeluargaannya, persahabatannya, kerjasamanya, ceritanya, tawanya, sedihnya, capeknya, rapatnya, kumpulnya, dan semuanya yang pernah dibagi dalam PSDM Madani :" Bangga banget bisa mengenal dan jadi bagian dari kalian semua :"

No comments:

Post a Comment